Komisi IV DPR Dukung Kementan Lakukan Regenerasi Petani di Polbangtan

Senin, 15 Februari 2021 - 21:34 WIB
loading...
Komisi IV DPR Dukung Kementan Lakukan Regenerasi Petani di Polbangtan
Sekretaris BPPSDMP Kementan Siti Munifah (kanan) dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini di Polbangtan Malang, Jawa Timur. (Foto: Dok. BPPSDMP)
A A A
JAKARTA - Komisi IV DPR menaruh perhatian besar pada konsep pendidikan tinggi vokasi pertanian yang dikembangkan Kementerian Pertanian (Kementan) pada Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan). Sekolah ini mendukung regenerasi petani dan menghasilkan tenaga andal berbasis teknologi dan mekanisasi.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Erma Rini yang memimpin 19 legislator dari sembilan fraksi pada kunjungan reses di Polbangtan Malang, Senin (15/2).

(Baca juga:BPS Catat Ekspor Pertanian Januari 2021 Naik 13,91%)

“Konsep pendidikan vokasi berbasis pertanian yang dikembangkan Kementan melalui Polbangtan seperti Polbangtan Malang sangat menarik dan strategis, khususnya membangun generasi muda pertanian yang tangguh,” kata Anggia dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Anggia, kontribusi pertanian pada masa pandemi Covid-19 dinilai paling positif di antara subsektor ekonomi lainnya. Pandemi menjadi tantangan ke depan bagi lembaga pendidikan seperti Polbangtan untuk menghasilkan generasi muda pertanian yang mumpuni.

(Baca juga:Komisi IV DPR RI Minta Anggaran Kementerian Pertanian Ditambah)

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan komitmennya pada regenerasi pertanian sebagai prioritas utama Kementan. Regenerasi ini disiapkan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Polbangtan di seluruh Indonesia.

“Kementan terus mendorong hadirnya petani muda di Polbangtan. Masa depan pertanian Indonesia ada di generasi milenial. Ada di tangan petani-petani muda, karena melalui merekalah inovasi-inovasi sektor pertanian bisa dihadirkan,” kata Mentan Syahrul.

(Baca juga:Kinerja Sektor Pertanian Menghijau Ketika Pertumbuhan Ekonomi Merah)

Topik regenerasi muda dan peran petani itu pula yang menjadi bahasan utama Komisi IV DPR pada kunjungan reses tersebut, yang dihadiri Direktur Polbangtan Malang, Bambang Sudarmanto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)