Dicari Bos BUMN dari Kalangan Milenial, Ini Syarat-syaratnya

Kamis, 18 Februari 2021 - 16:35 WIB
loading...
Dicari Bos BUMN dari Kalangan Milenial, Ini Syarat-syaratnya
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memerlukan sosok pemimpin muda yang ber-AKHLAK. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memerlukan sosok pemimpin muda bagi perseroan pelat merah. Meski begitu, para milenial harus mampu merancang produk dan solusi yang dapat diberikan bagi perusahaan.

Erick pun mengungkapkan sosok pemimpin muda yang dicari untuk mengisi posisi sentral BUMN. Salah satu syarat adalah mampu menentukan kebijakan perusahaan dan manajemen.

"Banyak yang bertanya sosok pemimpin seperti apa yang dicari oleh saya sebagai pribadi maupun di lingkungan BUMN, tentunya kami tidak sekadar mencari pemimpin atau pemimpin dari generasi muda," ujar dia, Kamis (18/2/2021).

( )

Syarat lain adalah calon pemimpin yang memiliki nilai utama (core value) AKHLAK yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

"Yang dicari dan ingin dibangun adalah para pemimpin dan calon pemimpin yang memiliki core value AKHLAK. Kita memerlukan semangat ingin terus mudah beradaptasi, dan selalu mencari terobosan yang dimiliki generasi muda dan pemimpin muda," katanya.

( )

Kementerian BUMN juga mencari sosok-sosok yang terpanggil untuk belajar, tumbuh dan berkontribusi untuk Indonesia. Khususnya, value proposition atau nilai manfaat produk BUMN.

Keterwakilan generasi muda dalam core value BUMN merupakan bagian dari transformasi human capital BUMN. Transformasi itu dinilai penting sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global dan menjadikan perseroan sebagai pencetak talenta.

( )

Bahkan, para pemimpin yang tak sekadar memiliki kemampuan teknis dan leadership yang baik, tetapi juga berkarakter, berperilaku yang luhur serta juga dapat menjadi teladan tidak hanya bagi kementerian BUMN tetapi juga untuk Indonesia secara luas.

"Hal-hal ini juga saya percaya sangat penting untuk dimiliki semua pemimpin termasuk para peserta webinar dan penerima award ini," kata Erick.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)