Menparekraf Tinjau Objek-Objek Wisata di Danau Toba yang Akan Serap Tenaga Kerja

Sabtu, 20 Februari 2021 - 09:55 WIB
loading...
Menparekraf Tinjau Objek-Objek Wisata di Danau Toba yang Akan Serap Tenaga Kerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Danau Toba dan kawasan di sekitarnya pada Jumat (19/2) untuk memastikan objek wisata yang ada dapat pulih kembali di masa pandemi Covid-19 dan mampu menyerap tenaga kerja.

"Kami berkunjung ke Danau Toba sebagai lanjutan kunjungan untuk memastikan kesiapan Danau Toba secara totalitas sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/2/2021).



Sandi mengatakan, pihaknya meninjau progress penyiapan seperti tempat singgah, spot Instagram. "Kita melihat kemitraan dunia usaha, pemerintah dan masyarakat maka tempat ini bisa diselesaikan pada Maret 2021," tuturnya.

Setelah itu Sandiaga Uno dan stakeholder terkait mengunjungi Kabupaten Dairi dengan meninjau Taman Wisata Iman dan Taman Firdaus. Dalam kesempatan tersebut Sandiaga Uno juga meluncurkan VisitDairi.com sebagai salah satu contoh upaya pelaku usaha ekonomi kreatif untuk masuk ke dalam ekosistem digital, pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif, sekaligus pembayaran menggunakan iris.

"Setelah itu kami meninjau Kampung Ulos di Kabupaten Dairi di Silahi Sagoban itu kita melihat ulos yang merupakan produk ekonomi kreatif dengan kearifan lokal yang bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat di Desa Silalahi 1 dan Desa Silalahi 2 yang ada di Kabupaten Dairi," paparnya.



Kemudian pada Jumat malam, pihaknya juga menggelar pertemuan maraton dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di seputar Danau Toba. Dari pertemuan tersebut disepakati Danau Toba akan mengusung pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

"Besok kita akan melanjutkan kegiatan #BeliKreatifDanauToba sebagai bagian daripada bangga berwisata di Indonesia sekaligus bangga buatan Indonesia. Rencananya pak Jokowi akan memberikan inisiasi dan berpartisipasi dalam kegiatan#BeliKreatifDanauToba," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)