Lulusan BLK Katanya Diminati Dunia Industri dan Usaha, Bahkan Sampai Indent

Jum'at, 26 Februari 2021 - 05:44 WIB
loading...
Lulusan BLK Katanya Diminati Dunia Industri dan Usaha, Bahkan Sampai Indent
Gelombang I PBK Tahun 2021 diikuti 368 peserta dengan jurusan unggulan las dan listrik. Animo masyarakat dan perusahaan sangat tinggi untuk jenis pelatihan kedua jurusan ini. Foto/Dok
A A A
BANTEN - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah , membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) gelombang I Tahun 2021, sekaligus meresmikan gedung serba guna Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang di kota Serang, Provinsi Banten, Kamis (25/2).

Pembukaan PBK gelombang I ditandai dengan penekanan tombol secara serentak oleh Menaker Ida Fauziyah; Dirjen Binalattas, Budi Hartawan; dan Kadisnaker Banten, Al Hamidi.

Ida dalam sambutannya mengatakan, untuk memperkuat pelatihan vokasi sebagai program unggulan peningkatan kualitas SDM Indonesia, Kemnaker menjadikan program transformasi BLK sebagai salah satu lompatan besar yang dilaksanakan pada saat ini.

"Arah kebijakannya adalah mengubah secara total BLK sebagai Balai Pelatihan Vokasi yang menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional," ucap Ida.

Menurut Ida, salah satu agendanya adalah redesain pelatihan untuk merespon tantangan Ketenagakerjaan lokal, nasional, dan Internasional.

"Ke depannya akan terus dilakukan penguatan SDM instruktur, peningkatan kualitas dan kurikulum pelatihan, pengembangan kurikulum dan SKKNI berbasis kebutuhan industri serta peningkatan pengakuan atas kompetensi lulusan," ungkapnya.

Ida mengatakan pihaknya mendorong seluruh proses pelatihan di BLK memenuhi kebutuhan pasar kerja. Karenanya Kemnaker selalu bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri.

"Dua kepentinganya yakni kesempatan magang dan penempatan sehingga pelatihan di sini tak melahirkan pengangguran baru karena mereka bisa dipastikan penempatannya di industri atau perusahaan," tandasnya.

Ida mengungkapkan, gelombang I PBK Tahun 2021 diikuti 368 peserta dengan jurusan unggulan las dan listrik. Animo masyarakat dan perusahaan sangat tinggi untuk jenis pelatihan kedua jurusan ini. "Bahkan perusahaan indent untuk mendapatkan alumni BBPLK Serang," tambahnya.



Dalam kesempatan tersebut, Ida mengimbau warga masyarakat Serang, khususnya kaum muda yang masih mencari pekerjaan dan ingin meningkatkan kompetensinya, untuk jangan ragu untuk mengikuti pelatihan di BBPLK Serang. Pasalnya pelatihan di Serang didukung oleh fasilitas kelas elit terbaru dengan bimbingan instruktur yang kompeten di bidangnya.

"Silakan bekerja keras dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada untuk menjadi sumberdaya kompeten yang berkontribusi pada pembangunan Banten dan bangsa Indonesia pada umumnya," katanya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)