Belum Maksimal, Jokowi Minta Utilisasi Palapa Ring Digenjot

Jum'at, 26 Februari 2021 - 14:00 WIB
loading...
Belum Maksimal, Jokowi Minta Utilisasi Palapa Ring Digenjot
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan catatan terhadap pemanfaatan atau utilisasi Palapa Ring agar lebih digenjot lagi. Dia menilai bahwa utilisasi Palapa Ring masih belum maksimal.

“Saya mempunyai beberapa catatan utilisasi Palapa Ring harus ditingkatkan, jangan hanya 50% saja. Utilisasi di Indonesia Tengah dan Timur yang masih sekitar 20% harus digenjot terus,” katanya dalam peluncuran program konektivitas digital 2021 dan perangko seri gerakan vaksinasi nasional Covid-19 di Istana Negara, Jumat (26/2/2021). ( Baca juga:Jokowi: Transformasi Digital Jangan Malah Hanya Menambah Impor )

Jokowi meminta kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) agar memastikan agar Palapa Ring tidak hanya berhenti sebagai backbone saja. Dia meminta harus tersambung sampai ke rumah tangga.

“Tidak hanya berhenti di situ tetapi harus tersambung sampai ke rumah tangga. Ini agar investasi besar di Palapa Ring segera bisa dimanfaatkan oleh seluruh rakyat kita dan sangat dibutuhkan dalam masa pandemi seperti sekarang ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Jokowi mengatakan bahwa dalam waktu lima tahun terakhir ini, pemerintah telah bekerja keras membangun konektivitas nasional. Salah satunya dengan membangun konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok Nusantara melalui tol langit.

“Semua ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi semata, ini juga untuk merangkai negara kita yang sangat besar ini, yang berpulau-pulau. Untuk mempercepat pelayanan pendidikan, untuk mempercepat pelayanan kesehatan, untuk mendukung sinergi budaya Nusantara, dan tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar,” paparnya. ( Baca juga:Sistem Rudal AS Ditujukan ke Korut, Bukan Rusia, China dan Iran )

Jokowi juga menyebutkan beberapa program untuk pembangunan konektivitas digital dan talent digital. Di antaranya penyediaan kapasitas satelit multifungsi pemerintah, SATRIA. Lalu pembangunan menara-menara BTS, program digital talent scholarship dan gerakan nasional literasi digital.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)