Pertamina Usulkan 17 Proyek Strategis Didanai Lewat Skema Dana Abadi SWF RI

Kamis, 04 Maret 2021 - 19:41 WIB
loading...
Pertamina Usulkan 17 Proyek Strategis Didanai Lewat Skema Dana Abadi SWF RI
Dari 17 Proyek Strategi Nasional (PSN) ada 13 proyek di antaranya merupakan PSN yang berasal dari pemerintah. Sementara empat proyek lainnya adalah hasil usulan Pertamina. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mencatat 201 Proyek Strategi Nasional (PSN) yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 tahun 2020. Dimana 17 proyek di antaranya merupakan PSN yang berkaitan dengan kinerja bisnis perseroan.



Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini mengatakan, dari 17 PSN tersebut, 13 proyek di antaranya merupakan PSN yang berasal dari pemerintah. Sementara empat proyek lainnya adalah hasil usulan Pertamina.

Nanajemen perseroan pelat merah itu menilai ke-17 proyek tersebut berpotenai underlying yang didanai melalui skema Indonesia atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) usai diresmikan beberapa waktu lalu. "Dari PSN itu berpotensi sekali untuk underlying project-project yang didanai oleh SWF atau perbankan atau SMI atau private equity," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Adapun ke-17 PSN tersebut adalah proyek BBM berupa kilang baru dan kilang ekspansi, dan kilang petrokimia. Proyek pembangunan Jaringan Gas Kota, gasifikasi batu bara di Tanjung Enim.



Selanjutnya, proyek kilang berbasis minyak sawit antara lain Green Diesel RU IV Cilacap dan Green Refinery RU III Plaju, proyek tangki BBM di Indonesia Timur dan tanki LPG di kawasan yang sama. Sementara empat usulan Pertamina diantaranya proyek kilang olefin TPPI, infrastruktur BBM dan LPG, transmisi dan distribusi gas, dan proyek ekosistem baterai kendaraan listrik.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2753 seconds (0.1#10.140)