IGDS 2021 Kembali Dibuka, Yuk Bos Daftarkan Desain Industrimu

Kamis, 04 Maret 2021 - 21:19 WIB
loading...
IGDS 2021 Kembali Dibuka, Yuk Bos Daftarkan Desain Industrimu
ilustrasi/byvalle.com
A A A
JAKARTA - Penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) untuk tahun 2021 kembali digelar oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) . Penghargaan ini adalah penghargaan tertinggi untuk desain produk industri terbaik yang diberikan pemerintah kepada desainer produk industri dan/atau perusahaan industri.

"IGDS 2021 adalah bentuk apresiasi pemerintah, dalam hal ini Kemenperin atas desain produk industri dalam negeri. Acara ini sudah diselenggarakan sejak 2001, dan di tahun 2020 kemarin sudah dilakukan penganugerahan dan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)," ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam Virtual Launching IGDS 2021 di Jakarta, Kamis(4/3/2021). ( Baca juga:Saham MNC Bank Terus Melesat, Tembus ARA Dua Hari Beruntun )

Pendaftarannya pun mulai dibuka hari ini hingga tanggal 31 Mei 2021. Dia berharap peserta tahun ini semakin banyak. Tahun lalu IGDS diapresiasi Wapres Ma'ruf Amin karena acara ini menunjukkan kompetensi masyarakat Indonesia terhadap desain, khususnya desain industri.

"Berdasarkan data, pada tahun 2016 terdapat 99 produk, 2017 naik 2,5 kali lipat ke 243 produk, lalu tahun 2019 jadi 333 produk, dan tahun 2020 sebanyak 386 produk," ungkap Gati.

Semangat yang diangkat dalam IGDS tahun ini ada empat, antara lain Nusantara untuk global, pengembangan produk berkesinambungan, membangkitkan energi baru desain Indonesia, dan menjunjung kekayaan intelektual.

"Ada dua jenis karya yang akan diberikan penghargaan, yakni IGDS Design Product dan IGDS Design Concept," tambah Gati. ( Baca juga:Peras dan Tipu Korban, Jaksa Gadungan Ditangkap di Bekasi )

IGDS Design Product adalah penghargaan yang diberikan atas desain produk industri berkualitas baik yang telah dan masih diproduksi/dipasarkan. Sementara itu, IGDS Design Concept adalah penghargaan yang diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk purwarupa/prototype dan/atau sampel produk.

"Hadiah yang nanti akan diberikan berupa sertifikat, trofi, penggunaan logo IGDS, uang pembinaan, dan pembinaan produk," pungkas Gati.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)