Bisnis Antar Makanan Kian Prospektif, Magfood Gelar Webinar Manajemen Produksi UMKM Pangan

Sabtu, 06 Maret 2021 - 08:28 WIB
loading...
Bisnis Antar Makanan Kian Prospektif, Magfood Gelar Webinar Manajemen Produksi UMKM Pangan
Ilustrasi foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 memukul dunia bisnis tapi di sisi lain menjadi berkah bagi sejumlah bidang usaha tertentu, salah satunya penjualan makanan secara daring.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, penjualan produk makanan secara online mengalami kenaikan sebesar 300% selama pandemi. Hal itu dikarenakan adanya kebijakan sosial distancing yang membuat restoran banyak yang tutup atau membatasi operasionalnya sehingga sehingga usaha makanan dan jasa antar makanan pun meningkat.



Tak sedikit dari pelaku usaha makanan yang mampu bertahan itu berasal dari kalangan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Seperti disampaikan Teten, UMKM menjadi bumper penyangga ekonomi seperti halnya pada krisis tahun 1998.

Saat ini di tengah pandemi Covid-19 tak dimungkiri banyak UMKM yang tumbang, namun sejumlah pelaku UMKM yang mulai beralih ke penjualan digital bisa terselamatkan usahanya.

Founder & CEO PT Magfood Inovasi Pangan dan PT. Magfood Amazy Internasional, Yanty Melianty Isa mengatakan, saat ini penting bagi para pelaku UMKM makanan membangun manajemen yang profesional dan mampu membuat manajemen produksi yang baik agar lebih kompetitif. "Selain itu juga mampu menghasilkan produk yang bermutu dan kualitas yang konsisten karena terstandarisasi," ujarnya, Sabtu (6/3/2021).



Dia melanjutkan, dalam rangka memberikan pembekalan dan pengetahuan terkait manajemen produksi UMKM makanan, Magfood Training Center akan menggelar seminar online bertajuk “Manajemen Produksi UMKM Makanan” pada Selasa, 16 Maret mendatang.

Menurut Yanti, webinar ini akan membahas berbagai materi, mulai dari ruang produksi, standar peralatan yang digunakan industri, hygiene pekerja, alur produksi, membuat SOP (Sistem Operating Prosedur), dan mempersiapkan audit PSB sebelum Registrasi ijin edar BPOM. "Peserta juga bisa berkonsultasi langsung dengan tim Magfood dan bergabung dalam Komunitas UMKM," sebutnya.



Yanti menambahkan, bagi yang berminat mengikuti webinar ini dapat melakukan pendaftaran hingga 15 Maret 2021 melalui link http://bit.ly/webinarmagfood dengan biaya Rp100 ribu per orang. "Seluruh peserta webinar akan mendapatkan e-sertifikat dari Magfood," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)