Modal Tipis tapi Pengen Cuan Beli Saham, Ini Tipsnya Guys!

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:00 WIB
loading...
Modal Tipis tapi Pengen Cuan Beli Saham, Ini Tipsnya Guys!
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ternyata investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang tidak memerlukan modal besar. Beberapa orang masih berpikir berinvestasi dengan saham sangatlah rumit dengan mengeluarkan banyak uang.



Tak sedikit orang yang berpikiran bahwa cara menabung saham dengan modal kecil adalah hal yang mustahil. Namun, jika dipahami dengan baik investasi saham sangat mudah dilakukan dengan modal kecil. MNC Portal Indonesiameragkum tips dengan modal tidak besar tapi bisa menabung saham:

1. Pilih Sekuritas dengan Biaya Terendah
Tips pertama yang harus anda lakukan dalam menabung saham adalah membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Meski begitu, pilihlah perusahaan sekuritas yang menawarkan setoran rendah dan biaya ringan.

Untuk setoran awalnya sendiri, paling tidak carilah perusahaan sekuritas yang memperbolehkan setoran awal di bawah Rp5 juta. Hal ini penting, sebagai cara menabung saham dengan modal kecil. Selain itu, pertimbangkan juga biaya transaksi (jual/beli saham) yang ditawarkan perusahaan tersebut. Sebaiknya, cari perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi saham paling rendah dan murah.

2. Pilih Satu atau Dua Emiten Saham Saja
Tips menabung saham dengan modal kecil selanjutnya adalah memilih saham dari emiten perusahaan besar yang sudah dikenal publik. Anda bisa mencari saham dengan harga di sekitar ratusan Rupiah saja per lembarnya. Sebagai pemula, satu atau dua emiten saham perusahaan saja sudah cukup. Metode menabung saham dengan modal kecil ini berguna untuk memperkecil risiko kegagalan.

Anda bisa membuka laman Bursa Efek Indonesia dan mulai menyeleksi perusahaan yang telah terdaftar. Anda bisa memilih perusahaan mana yang bagus kinerjanya dan cocok dengan modal yang dimiliki. Jika sudah cukup berpengalaman, anda bisa mulai membeli beberapa emiten saham lainnya.

3. Pakai Bantuan Aplikasi Trading Saham
Saat ini, anda bisa melakukan investasi dengan mudah, hanya melalui smartphone. Kini sudah banyak aplikasi trading saham yang bisa diunduh gratis di Play Store dan AppStore. Dengan aplikasi ini anda bisa melakukan online trading kapan pun dan di mana pun.

Aplikasi ini biasanya disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat anda membuka rekening efek. Pastikan anda memilih perusahaan sekuritas yang sudah menyediakan aplikasi online trading.

4. Cari Tahu Indeks Saham Paling Tepat
Buat anda yang ingin melakukan menabung saham dengan modal kecil, indeks saham wajib untuk diketahui. Indeks saham merupakan portofolio imajiner yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar atau sebagian dari pasar tersebut. Jika indeks saham naik, berarti harga sebagian besar saham meningkat.

Sedangkan jika indeks saham turun maka sebagian besar saham-saham konstituen indeks bergerak turun. Sebagai pemula, sebaiknya pilihlah saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30. Pasalnya, kedua indeks itu terdiri atas perusahaan-perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar, serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)