Bangun Lido Music & Arts Center, Sandiaga Uno: MNC Group Lokomotif Pembangkit Parekraf Indonesia

Rabu, 10 Maret 2021 - 17:42 WIB
loading...
Bangun Lido Music & Arts Center, Sandiaga Uno: MNC Group Lokomotif Pembangkit Parekraf Indonesia
Pembangunan Lido Music & Arts Center diyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan membuka banyak peluang usaha dan lapangan pekerjaan. Foto/Dok
A A A
BOGOR - Pembangunan Lido Music & Arts Center di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata MNC Lido City akan mendorong kebangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) Indonesia. Pembangunan Lido Music & Arts Center diyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan membuka banyak peluang usaha dan lapangan pekerjaan. Bukan hanya bagi masyarakat Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tetapi juga untuk kabupaten dan kota di sekitarnya.

"Ini momentum yang sangat strategis, di tengah pandemi dan keterpurukan ekonomi MNC Group secara tegas menyatakan akan menjadi bagian daripada lokomotif untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif ," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat peletakan batu pertama pembangunan Lido Music & Arts Center, Rabu (10/3/2021).



"Saya mencatat 21.000 yang langsung dan 84.000 tenaga kerja yang tidak langsung. Berarti ada 100.000 lebih lapangan kerja yang akan dihasilkan oleh MNC Group di MNC Lido City," sambung lulusan Wichita State University, Kansas, Amerika Serikat itu.

Sandiaga berharap, Lido Music & Arts Center nantinya bisa menampung karya-karya UMKM dan ekonomi kreatif dari Kabupaten Bogor dan Provinsi Jawa Barat. "Tentunya agar inklusif. Kami mengharapkan MNC Lido City juga merangkul desa-desa wisata di sini," tuturnya.

Menurutnya, Lido Music & Arts Center yang disebutnya sebagai The First World Class Outdoor Music and Art Festival Venue di Indonesia akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan pasca pandemi Covid-19. "Setelah pandemi, kegiatan di alam bebas menjadi prioritas, menjadi salah satu preferensi dari masyarakat. Mudah-mudahan ini akan memicu geliat ekonomi agar kita bangkit di era digital ini," harap Sandiaga.

Bupati Bogor Ade Yasin sangat bersyukur dengan dimulainya pembangunan Lido Music & Arts Center, yang dinilainya sejalan dengan program yang tengah dikembangkan Pemkab Bogor. "Alhamdulillah, akhirnya terwujud. Sesuai dengan visi misi kami, salah satu tagline kami, sport and tourism. Di sini ada sport-nya, ada tourism-nya, dan semua fasilitasnya cukup lengkap," ungkapnya.

Ade berharap, dibangunnya Lido Music & Arts Center akan menyerap banyak tenaga kerja di Kabupaten Bogor. Terlebih selama pandemi Covid-19, banyak yang kehilangan pekerjaan akibat di-PHK. "Mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi pengangguran di Kabupaten Bogor," ucapnya.

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan, Lido Music & Arts Center dibangun di MNC Lido City untuk berbagai pertunjukan musik dan kesenian bertaraf internasional. Saat ini, Indonesia belum memiliki outdoor venue festival musik dan kesenian untuk mengakomodasi acara kelas dunia, seperti Coachella Valley Music and Arts Festival di California, Amerika Serikat. Coachella adalah festival musik terbesar dan paling terkenal di dunia, yang mampu menyedot 250.000 pengunjung setiap harinya.

"Kita coba ambil dari situ beberapa idenya. MNC Music & Arts Center ini adalah tempat acara-acara musik, tapi juga bisa dipakai untuk sport event, exhibition, cultural event tentang Jawa Barat, tentang Bogor, tentang Indonesia. Semuanya bisa ditampung di sini," ungkap Hary.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2733 seconds (0.1#10.140)