Fasilitasi Pemda Bangun Desa Wisata, Sandiaga Uno: dari Fasilitas, Tumbuhlah Inspirasi Gerakan Ekonomi Rakyat

Sabtu, 13 Maret 2021 - 16:37 WIB
loading...
Fasilitasi Pemda Bangun Desa Wisata, Sandiaga Uno: dari Fasilitas, Tumbuhlah Inspirasi Gerakan Ekonomi Rakyat
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Kampoeng Jadhoel di Semarang, Sabtu (13/3/2021). Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional dinilai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno semakin nyata. Lewat adaptasi, kolaborasi dan inovasi dengan seluruh pihak, termasuk Pemerintah Daerah (Pemda), visi dan misi dapat segera terwujud.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika meninjau Kampoeng Jadhoel yang terletak di RT 04/ RW 02 Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (13/3/2021).

Didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Joko Budiono; Camat Semarang Timur, Nurul Hidayati serta sejumlah lurah, Sandiaga Uno berkeliling kampung yang diberi nama Kampung Batik Tengah.



Sesaat menjejakkan kaki, nuansa budaya khas Jawa Tengah sudah sangat terasa. Sebuah gapura kayu bergaya Jawa lengkap dengan aneka ukiran etnik menyambut setiap pengunjung yang datang.

Tidak jauh dari gapura, terdapat sebuah relief dan mural berwarna warni yang menghias dinding rumah warga. Relief itu menceritakan keseharian masyarakat di desa, mulai dari bercocok tanam, berdagang hingga membuat aneka kerajinan seperti batik.

Bertolak belakang dengan kesan Jawa kuno, aneka mural berwarna warni justru terlihat memberi kesan modern. Motif bunga berwarna warni hingga beragam motif yang umumnya menghiasi batik ditemukan di sejumlah sudut kampung.

Menjejakkan kaki lebih dalam, Sandiaga Uno menyaksikan beragam aktivitas warga yang menarik, seperti membatik hingga pengolahan aneka jajanan kampung.

"Kampoeng Jadhoel ini menurut saya suatu inovasi dalam pengelolaan, penataan produk-produk ekonomi kreatif. Kita lihat di sini kolaborasi yang benar-benar menginspirasi kita, karena ada jajanan tradisionalnya, ada jalan-jalannya," ungkap Sandiaga Uno pada Sabtu (13/3/2021).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)