Demi Efisiensi, Sektor Usaha Perlu Berubah

Selasa, 16 Maret 2021 - 06:17 WIB
loading...
Demi Efisiensi, Sektor Usaha Perlu Berubah
Ruang perkantoran. Foto/Dok SINDOphoto/Ali Masduki
A A A
JAKARTA-Penerapan era bekerja tanpa kantor di masa pandemic Covid-19 ini tidak bisa diperuntukkan bagi semua sektor usaha. Pasalnya jika kebijakan ini diterapkan secara umum bisa merugikan bagi beberapa sektor industri.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamandani menilai penerapan era tanpa kantor atau officeless tidak bisa diadopsi dalam semua sektor seperti pada dunia usaha. Karena nantinya kebijakan ini bisa saja memberikan efek kerugian bagi industri tersebut. Pengaruh kondisi kerja jarak jauh terhadap produktivitas perusahaan tergantung pada jenis usaha dan fungsi pekerjaan yang dilakukan.

"Misalnya saja perusahaan teknologi mungkin cocok dengan cara ini, tapi untuk jenis usaha lain, bahkan yang sama-sama jasa akan sulit dilakukan karena level adopsi teknologi di tiap sektor industri berbeda tidak bisa disamakan," jelas Shinta.

Baca juga:Ini Aturan Main Sektor Usaha Pariwisata saat Pengetatan PSBB Jakarta

Bisa dikatakan, lanjut dia, tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari jarak jauh. Menurut Shinta banyak kegiatan usaha dan pekerjaan yang masih membutuhkan interaksi langsung antar manusia atau menuntut pekerjaan tersebut dilkaukan ditempat tertentu. Dengan begitu, tanpa adanya interaksi atau tidak berada ditempat terebut, pekerjaan atau produktivitas tidak akan terjadi dengan baik. "Kalau tidak ada produktivitas sudah pasti perusahaan akan rugi," katanya.

Besaran kerugian yang didapat, tutur Shinta, belum bisa dihitung, karena tergantung jenis usaha dan seberapa banyak porsi pekerjaan atau produktivitas yang bisa dipertahankan dalam kondisi bekerja di rumah. Karena, semakin besar perusahaan, tergantung pada interaksi langsung tentu saja bakal semakin tinggi hambatan terhadap produktivitasnya. Alhasil kerugiannya akan besar.

"Kerugian yang dimaksud tidak hanya masalah perusahaan yang tidak mampu menciptkan keuntungan saja, tapi juga kerugian. Maksudnya, peruahaan harus membayar pengeluaran dengan besaran yang sama (fixed cost) sedangkan output produktivitas turun secara dratis," tutur Shinta.

Baca juga:Meneruskan WFH Menjadi FWA

Idealnya, kata dia, harus ada kriteria tertentu jika suatu perusahaan tidak membuka cabang salah satunya menurut Shinta harus diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusianya (SDM). "SDM sangat penting bagi kelanjutan perusahaan. Karena dari kualitas SDM akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Karena perusahaan yang menerapkan sistem officeless ini tentu juga melakukan perubahan terhadap berbagai sistem dan teknologi," tambahnya.

Dia mengungkapkan, peningkatan kualitas SDM tersebut bisa dilakukan perusahaan dengan berbagai cara. Termasuk di antaranya melalui pendidikan, pelatihan, bahkan budaya kerja. Terlebih menghadapi era revolusi indutri 4.0 ketika SDM harus memiliki kemampuan terhadap teknologi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)