Tes GeNose C-19 Dipakai Juga di Bandara, Berikut Daftarnya

Selasa, 16 Maret 2021 - 22:54 WIB
loading...
Tes GeNose C-19 Dipakai Juga di Bandara, Berikut Daftarnya
Tak hanya di stasiun kereta api, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C19 di Bandara pada tanggal 1 April 2021. Berikut daftarnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tak hanya di stasiun kereta api, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C19 di Bandara pada tanggal 1 April 2021 mendatang. Dalam penerapannya, Kemenhub baru akan membuka layananan ini hanya di 4 bandara di Indonesia.



Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dalam forum rapat kerja (Raker) bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021). Dalam kesempatan itu, Budi melaporkan bahwa layanan pemeriksaan ini sebelumnya sudah dibuka di stasiun kereta api.

"Sudah ada 14 stasiun kereta api. kita harapkan 44 stasiun akan kita selesaikan," kata Budi dalam paparannya.

Dia juga menyampaikan bahwa pada 1 April 2021 mendatang, pemerintah telah memperluas jangkauan layananan pemeriksaan GeNose C19 ini ke bandara. Dalam pemberlakuannya, kata dia, juga akan dilakukan secara bertahap seperti stasiun kereta api.

"Pertama kali kita akan lakukan di 4 bandara. Bukan di Soekarno-Hatta, tapi di Kualanamu, di Bandung, di Jogja, dan di Surabaya. baru secara perlahan kita akan lakukan untuk penggunaan Genose ini," ujarnya.



"Kita harapkan pada 1 Mei sudah di seluruh Indonesia diberlakukan," tutur dia melanjutkan.

Untuk diketahui, dalam Raker antara Menhub dan Komisi V DPR ini membahas sejumlah topik. Mulai dari membahas pelaksanaan program transportasi nasional pada saat dan pasca pandemi, hingga membahas kesiapan transportasi untuk arus mudik dan balik lebaran tahun 2021.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)