Bukan hanya Beras, Pemerintah Juga Akan Impor Garam 3 Juta Ton

Kamis, 18 Maret 2021 - 16:17 WIB
loading...
Bukan hanya Beras, Pemerintah Juga Akan Impor Garam 3 Juta Ton
Memiliki garis pantai terpanjang kedua sedunia sepanjang 95.181 km tak membuat Indonesia bebas impor garam. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Belum usai polemik mengenai rencana impor beras sebanyak 1 juta ton, terungkap bahwa pemerintah juga akan mengimpor garam sebanyak 3 juta ton.

Hal ini disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam rapat kerja bersama Kementerian Pertanian dan Komisi IV DPR di Senayan, Jakarta, Kamis (18/3/2021).



Menurut Sakti, impor garam sebanyak 3 juta ton sudah diputuskan dalam rapat bersama Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Di mana rapat dengan Menko Perekonomian itu juga dihadiri Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian.

"Tercatat bahwa berdasarkan neraca, stok produksi garam nasional 2,1 juta ton. Lalu kemudian impor garam diputuskan 3 juta," ujar dia.

Kemudian, dia menjelaskan, kebutuhan garam terbesar ada pada industri manufaktur sekitar 3,9 juta ton dan aneka pangan 1,3 juta ton dan lain sebagainya 2,4 juta ton.



Dia menjelaskan pemerintah, akan memperbaiki dari sisi produksi, peningkatan produksi garam rakyat. Seperti, yang sudah dilakukan di beberapa tempat adalah integrasi lahan garam untuk peningkatan produktivitas dari 60 ton per hektare per musim menjadi 120 ton per hektare per musim.

"Lalu pembangunan gudang garam nasional dan penerapan resi gudang. Dan juga bantuan revitalisasi gudang garam rakyat, perbaikan jalan produksi, perbaikan saluran," tandas dia.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)