Ada Penyesuaian Komisi, Mitra GoFood Ngaku Tidak Keberatan

Kamis, 18 Maret 2021 - 22:55 WIB
loading...
Ada Penyesuaian Komisi, Mitra GoFood Ngaku Tidak Keberatan
Merchant GoFood tidak keberatan dengan skema komisi baru yang berlaku. Dibandingkan kenaikannya, para mitra kuliner yang notabene kelompok UMKM mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Merchant GoFood tidak keberatan dengan skema komisi baru yang berlaku. Dibandingkan kenaikannya, para mitra kuliner yang notabene kelompok UMKM mendapatkan manfaat yang lebih banyak, seperti subsidi pendanaan untuk promosi.

Reza Firmanda, Mitra Go-Food dari Ayamayaman mengatakan, tidak keberatan akan perubahan skema komisi baru GoFood. Menurutnya penyesuaian komisi ini terbayar oleh manfaat yang lebih banyak dari GoFood.

“Subsidi promo ditambah, ongkos kirim bisa lebih ringan, ditambah banyak diskon-diskon tambahan yang dibiayai oleh GoFood! Ini jadi peluang untuk bisa bikin penawaran yang jauh lebih menarik ke pelanggan untuk terus tingkatkan transaksi,” kata Reza.



Reza menambahkan, adanya pembagian komisi di platform online itu bukan suatu hal yang baru dan justru wajar saja. Yang terpenting GoFood tetap menjaga konsistensinya seperti yang sudah berjalan selama ini berupa keuntungan yang lebih banyak sehingga para mitra perlu lebih lincah dalam beradaptasi.

“Salah satunya kita bisa makin kreatif dengan membuat paket lengkap makanan, minuman, dan snack,” terusnya.

Bagas Ganang, Pemilik Susu Sedunia Fatmawati, punya pandangan yang sama. Menurutnya sejauh ini pihaknya justru nyaman bekerjasama dengan GoFood karena aspirasi dari mitra usaha selalu didengar oleh pihak GoFood.

“Justru kami terima kasih ke Gojek, di situasi seperti sekarang yang sedang tidak menentu bukan yang terkuat yang menang, melainkan yang pintar beradaptasi dengan keadaan,” ucapnya.



Menurutnya komisi yang baru ini wajar dan akan tetap menguntungkan merchant. Adapun penyesuaian biaya komisi merupakan praktik yang lumrah karena semua pihak terlibat termasuk GoFood itu sendiri sedang terus bertumbuh.

“Sebagai pedagang online kita harus pintar-pintar memasang harga yang pas untuk konsumen dan rajin menggunakan fitur promosi yang tersedia supaya kita tetap untung. Dengan skema komisi baru ini Insya Allah exposure, program promosi, dan transaksi penjualan kita di GoFood semakin meningkat. Salam laris manis,” kata Bagas.

Selain GoFood, platform online pesan-antar makanan lainnya juga menerapkan sistem komisi yang sama. GrabFood misalnya menerapkan komisi yang lebih tinggi sebesar 30%, sementara pendatang baru Shopee Food menerapkan komisi 20%.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)