Kemenhub Kumpulkan Seluruh Stakeholder Bahas Mudik Lebaran

Sabtu, 20 Maret 2021 - 14:52 WIB
loading...
Kemenhub Kumpulkan Seluruh Stakeholder Bahas Mudik Lebaran
Menhub Budi Karya Sumadi di sela-sela kunjungan ke Dipo Lokomotif Cipinang, Jakarta, Sabtu (20/3/2021). Foto/Aditya Pratama
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku telah mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) terkait persiapan mudik Lebaran tahun ini. Beberapa stakeholder itu diantaranya Kepala Korlantas Polri, BNPB, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan dan Pertamina.

Budi menjelaskan, pihaknya mendapatkan mandat untuk mengkoordinasikan kegiatan lalu lintas termasuk mudik lebaran yang dipersiapkan dengan melakukan diskusi.



"Diskusi ini sendiri akan berkembang, katakan nanti sekarang saya sudah minta Kapolri untuk mengkoordinasikan bagaimana teknik lapangan itu dilakukan. Kita akan berkirim surat kepada kepolisian untuk melakukan itu, karena memang keseharian mudik itu menjadi domain dari kepolisian," ujar Budi di sela-sela kunjungan ke Dipo Lokomotif Cipinang, Jakarta, Sabtu (20/3/2021).

Terkait kebijakan mudik, Budi menyebut bahwa pihaknya telah menyampaikan hal tersebut kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk mengkoordinasikan segala kebijakan berkaitan dengan mudik. "Di mana gugus tugas mengkoordinasikan ada Kemenhub, ada Kemenkes, ada Kemenaker, dan sebagainya," ucapnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan berharap ada dua sesi mengenai pembahasan mudik Lebaran tahun ini. Adapun sesi pertama adalah sesi kebijakan berkaitan dengan mudik dan kedua adalah sesi operasional yang dipimpin oleh Kepolisian.



"Saya selama ini mendapatkan suatu supporting yang bagus dari BNPB dan Kepolisian dan Insyaallah ini berjalan dengan baik dan koordinasinya sesuai dengan arahan presiden agar gugus tugas mengkoordinasikan segala keputusan berkaitan dengan mudik dan kepolisian mengkoordinasikan berkaitan dengan di lapangan," ucapnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)