RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet 1 Tahun Beroperasi, Menteri Basuki: Simbol Perjuangan

Selasa, 23 Maret 2021 - 21:16 WIB
loading...
RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet 1 Tahun Beroperasi, Menteri Basuki: Simbol Perjuangan
Wisma Atlet Kemayoran sudah satu tahun beroperasi menjadi RS Darurat Covid-19. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, RS Darurat merupakan simbol perjuangan rakyat Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wisma Atlet Kemayoran sudah satu tahun beroperasi menjadi RS Darurat Covid-19 . Wisma Atlet merupakan buah karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan.

Pengalihfungsian Wisma Atlet Kemayoran menjadi RS Darurat Covid-19 mengikuti arahan dari Presiden RI Joko Widodo, sejak ditemukannya pasien pertama positif COVID-19 pada awal Maret 2020 silam.

“Hari ini tepat satu tahun Wisma Atlet Kemayoran beralihfungsi sebagai RS Darurat Covid-19 sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. RS Darurat merupakan simbol perjuangan rakyat Indonesia mengalahkan pandemi Covid-19. Kontribusi seluruh pihak yang terlibat dalam pengoperasian RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran harus diapresiasi,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono , di Jakarta, Selasa (23/3/2021).



Dalam waktu empat hari, Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Jawa I ini, ditingkatkan dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai untuk menjadi pusat layanan medis Covid-19. Mulai dari Instalasi Gawat Darurat (IGD), Intensive Care Unit (ICU), Ruang negative pressure serta ruang rawat inap pasien.

Sebagai RS Darurat, Wisma Atlet Kemayoran yang telah berdiri sejak 2016, memiliki 10 tower, yakni Blok C terdiri dari 3 tower dengan 1.932 unit, dan kapasitas tampung 5.796 orang. Kemudian Blok D10 yang memiliki 7 tower dengan 5.494 unit dan kapasitas tampung 16.482 orang. Model bangunan tipe 36, lengkap ruang tamu, dapur, kamar mandi dan shower.

“Direktorat Jenderal Perumahan telah memberikan perhatian dan kemampuan terbaiknya untuk mewujudkan amanah pemerintah. Fasilitas ini merupakan respons tanggap darurat pemerintah terhadap bencana pandemi Covid-19,” ujar Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid.

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran merupakan hasil sinergi Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI-Polri, Kementerian BUMN, dan sejumlah pihak terkait lainnya.

RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet 1 Tahun Beroperasi, Menteri Basuki: Simbol Perjuangan


Sejak beroperasi pada 23 Maret 2020, RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran telah menerima tiga penghargaan, yakni rekor MURI kategori RS COVID-19 Terbesar di Indonesia, Rekor MURI Pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan dengan Peserta Mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, dan Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)