BUMN Konstruksi Ini Selalu Memegang Teguh Prinsip Pengelolaan Lingkungan

Selasa, 23 Maret 2021 - 22:13 WIB
loading...
BUMN Konstruksi Ini Selalu Memegang Teguh Prinsip Pengelolaan Lingkungan
PT Amarta Karya (AMKA), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Konstruksi, melaksanakan kegiatan penghijauan berupa penanaman 50 bibit tanaman durian musangking di Bendungan Sindang Heula Serang, Banten. Foto/Dok
A A A
SERANG - PT Amarta Karya (AMKA), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Konstruksi , melaksanakan kegiatan penghijauan berupa penanaman 50 bibit tanaman durian musangking di Bendungan Sindang Heula Serang, Banten. Hal ini dalam rangka mendukung Kementerian PUPR memperingati Hari Air Dunia ke-29 tahun 2021.



Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direktur Utama AMKA Nikolas Agung yang didampingi oleh Corporate Secretary AMKA Brisben Rasyid, Kepala Divisi Operasi I Firman Sri Sugiharto, Kepala Divisi Keuangan Pandhit Seno Aji, Business Development Advisor Oki Fahreza dan Deputi Project Manager Arianto.

"Kami sangat mendukung upaya penghijauan, terutama di lingkungan sekitar bendungan Sindang Heula, karena ini merupakan salah satu upaya kami dalam mengurangi dampak pemanasan global," ujar Direktur Utama AMKA, Nikolas Agung.

"Melalui kegiatan ini, kami juga ingin mengajak masyarakat untuk berperan aktif pada konservasi alam, sekaligus pengembangan potensi ekonomi lokal di sekitar bendungan tanpa mengganggu fungsi utama bendungan sebagai penampungan air," sambungnya.

Lebih lanjut, Nikolas mengatakan, program penghijauan ini akan dilakukan secara bertahap, diawali dengan penghijauan di lingkungan Bendungan Sindang Heula, lalu diikuti dengan penghijauan di lingkungan kantor serta proyek-proyek AMKA.

Dalam kesempatan yang sama, Nikolas Agung juga menyampaikan kepada jajarannya agar dalam pelaksanakaan pembangunan proyek infrastruktur, baik itu gedung, jalan raya, jembatan, serta bendungan, oleh Amka selalu memegang teguh prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan yang ramah dan berkelanjutan.

Untuk diketahui, sebagai wujud tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) pada masyarakat, AMKA sejauh ini pada tahun 2021 telah mengalokasikan dana untuk Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) sebesar kurang lebih Rp275.000.000.



Sebelumnya, AMKA telah melaksanakan sejumlah program TJSL, termasuk penghijauan di lingkungan kantor dan proyek, santunan yatim piatu kepada Yayasan As-shiddiq Amanah Ummah dan Yayasan Ruang Pendidikan Indonesia di Bekasi, serta peningkatan kesehatan dalam rangka sumbangan alat kesehatan pada Puskesmas Margajaya Kota Bekasi.

Setelah ini, AMKA berencana menggelar program-program TJSL lainnya, antara lain beberapa program santunan yatim piatu, program peningkatan kesehatan masyakarat, serta program bantuan peduli bencana alam sebagai langkah cepat perusahaan untuk menanggapi bencana.

Sedangkan untuk Wilayah Banten, pada awal Februari lalu, AMKA menandatangani kerja sama operasi (KSO) bersama PT PP pada proyek infrastruktur Ciujung Priority Civil Works Package 3 yang bertujuan untuk mengendalikan banjir di Ciujung, Banten.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)