Simak! Cara Agar Tidak Tertipu Calo CPNS & PPPK

Kamis, 25 Maret 2021 - 11:10 WIB
loading...
Simak! Cara Agar Tidak Tertipu Calo CPNS & PPPK
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) , sekolah kedinasan hingga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sekaligus pada tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mengisi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di pemerintah pusat maupun daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Negar (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, dalam pelaksanaan seleksi rekrutmen tersebut pihaknya akan bekerja kerjas untuk mencegah terjadinya tindak kecurangan. Salah satunya yang sering ditemukan adalah praktik percaloan.

“(Kami) akan tetap menjaga kualitas transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi ASN. Termasuk juga mencegah terjadinya tindak kecurangan atau percaloan,” ujarnya dalam keteranganya yang diterima MNC Portal Indonesia, Kamis (25/3/2021).



Untuk mengantisipasi praktirk percaloan, pihaknya m tengah mempersiapkan fitur tambahan pada sistem CAT BKN. Seperti misalnya yakni face recognition yang diperuntukkan untuk mengidentifikasi peserta yang melakukan ujian. “Sehingga dapat meminimalkan adanya percaloan dalam pelaksanaan ujian,” kata Bima.



Bima menambahkan, mdalam rekrutmen ketiganya hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran saja yang Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN. Dengan penggunaan satu portal ini diharapkan akan mempermudah peserta untuk melakukan pendaftaran. “Untuk mendukung kelancaran proses tersebut, BKN telah melakukan peningkatan fitur teknologi dalam SSCASN,” ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3397 seconds (0.1#10.140)