BI: Transaksi Digital Banking Tumbuh 60,8% di Masa Pandemi

Rabu, 20 Mei 2020 - 09:45 WIB
loading...
BI: Transaksi Digital Banking Tumbuh 60,8% di Masa Pandemi
Sejalan dengen perubahan pola hidup di masa pandemi, BI mencatat transaksi digital banking meningkat 60,8%. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat, selama masa pandemi Covid-19 kelancaran sistem pembayaran baik tunai maupun nontunai tetap terjaga. BI juga mencatat meningkatnya transaksi secara signifikan di masa pandemi.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, transaksi nontunai menggunakan ATM, kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik pada Maret 2020 menurun 4,7% (year on year/yoy), sejalan melambatnya aktivitas ekonomi. Di sisi lain, transaksi uang elektronik pada Maret 2020 tumbuh tinggi 67,9% (yoy), dan volume transaksi digital banking juga tumbuh lebih cepat mencapai 60,8% (yoy).

"Perkembangan terakhir ini dipengaruhi meningkatnya transaksi ekonomi dan keuangan digital di era pandemi," kata Perry di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

(Baca Juga: Bank Mandiri Siap Jalankan Skenario New Normal)

Dia melanjutkan, BI terus meningkatkan peran Sistem Pembayaran dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi di periode pandemi Covid-19. "Untuk itu, Bank Indonesia terus mendorong digitalisasi layanan keuangan dengan memperluas akses dan literasi keuangan melalui pembayaran digital, termasuk kelanjutan dukungan BI pada penyaluran Program Bansos Non-Tunai," katanya.

Sebagai informasi, pertumbuhan Uang Kartal yang Diedarkan (UYD) tercatat melambat menjadi 6,3% (yoy) dipengaruhi strategi bank yang menyimpan lebih sedikit persediaan uang kartal.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)