Hadapi Perubahan Iklim, Sri Mulyani Guyur Dana Khusus untuk Daerah

Selasa, 30 Maret 2021 - 11:00 WIB
loading...
Hadapi Perubahan Iklim, Sri Mulyani Guyur Dana Khusus untuk Daerah
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia bekomitmen untuk mengatasi perubahan iklim . Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pemerintah pusat menggandeng pemerintah daerah untuk menyukseskan penanganan isu perubahan iklim dengan penandaan anggaran perubahan iklim di tingkat daerah (Regional Climate Budget Tagging/RCBT) untuk sinkronisasi dokumen perencanaan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. ( Baca juga:Sektor Pertambangan Seret IHSG ke Zona Membara )

"Ini cara kita melaksanankan komitmem terhadap climate change. Dana insnetif daerah juga mendukung pemerintah mengelola sampah agar makin suistanbel dan friendly," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (30/3/2021).

Kata dia, APBN tidak bisa sendiri dalam mengantisipasi perubahan iklim yang saat ini terjadi di seluruh dunia. Makanya Sri menyatakan akan memperbaiki dana transfer daerah dalam mendanai program dampak perubahan iklim.

"Kita memperbaiki transfer ke daerah agar mendapatkan dukungan pemerintah daerah dan owner ship tantangan perubahan iklim," imbuhnya.

Indonesia berkomitmen menangani isu perubahan iklim melalui penyampaian dokumen Nationally Determined Contributions (NDC) Indonesia kepada UNFCCC. Sedangkan di dalam negeri, komitmen tecermin pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024 yang memasukkan aspek perubahan iklim ke dalam prioritas nasional ke 6 (PN-6). ( Baca juga:Sejarah Disyariatkannya Puasa Ramadhan dan Niatnya (1) )

"Negara emerging yang cukup efektif dan kreatif dalam pembiayaan program climate change ini akan dikembangkan bagi Indonesia, tidak hanya partisipasi climate change," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4934 seconds (0.1#10.140)