Blueprint SPI 2025 jadi Landasan Membangun Ekosistem Keuangan Digital

Rabu, 31 Maret 2021 - 15:23 WIB
loading...
Blueprint SPI 2025 jadi Landasan Membangun Ekosistem Keuangan Digital
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memandang perlu adanya pendekatan yang proporsional dalam menghadapi fenomena digitalisasi perekonomian di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan suatu kerangka kebijakan pada sistem pembayaran.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta mengatakan, diperlukan kerangka kebijakan sistem pembayaran yang komprehensif untuk menyeimbangkan, karena peluang inovasi dan peluang digitalisasi ini harus dimanfaatkan. Hasil survei juga menyatakan bahwa digitalisasi ini bisa membantu pertumbuhan ekonomi secara tidak langsung.

"Kita ingin mengoptimalkan peluang tapi sekaligus memitigasi risiko, sebagai respon tersebut Bank Indonesia menerbitkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, nah ini kita melihat bahwa blueprint kita ini berorientasi penuh pada upaya membangun ekosistem," ujar Filianingsih dalam forum diskusi virtual, Rabu (31/3/2021).



Dia menambahkan, Blueprint SPI 2025 berfokus pada lima visi. Visi pertama adalah integrasi ekonomi keuangan digital dan mendorong inklusi keuangan. Kedua, mendukung digitalisasi perbankan karena aset terbesar di sistem keuangan masih didominasi perbankan.

"Ketiga, kami menjamin interlink antara fintech dengan perbankan, jadi kita lihat fintech ini punya competitive advantage, sementara perbankan dia punya manajemen risiko yang baik, cost of fund yang murah, ini mereka harus bekerja sama untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal dan untuk menghindari risiko shadow banking," kata dia.

Keempat, menjamin keseimbangan antara inovasi dengan consumer protection, integritas dan stabilitas persaingan usaha yang sehat dan kelima, BI tetap menjamin kepentingan nasional dalam ekonomi-keuangan digital antar negara. "Indonesia terlalu seksi untuk investor asing, bahwa sebetulnya investasi untuk fintech dan sistem pembayaran terus masuk," tuturnya.



Dari lima visi tersebut diwujudkan dalam lima inisiatif dengan 23 deliverable, baik yang diimplementasikan sendiri dari Bank Indonesia dan diimplementasikan secara kolaborasi dan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait serta industri.

"Nah kita berharap dengan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia ini harus digitalisasi yang berlangsung di Indonesia ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh masyarakat secara merata dan sustainable," ucapnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)