New Normal Industri Penerbangan, Cek Dokumen Keberangkatan Lewat Digitalisasi

Rabu, 20 Mei 2020 - 11:43 WIB
loading...
New Normal Industri Penerbangan, Cek Dokumen Keberangkatan Lewat Digitalisasi
AP II tengah menyiapkan suatu sistem agar pemeriksaan dokumen dapat dilakukan secara digital. Seperti diketahui, bagi calon penumpang penerbangan harus melengkapi sejumlah dokumen. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura II atau AP II tengah menyiapkan suatu sistem agar pemeriksaan dokumen dapat dilakukan secara digital. Seperti diketahui, bagi calon penumpang penerbangan harus melengkapi sejumlah dokumen sesuai SE No. 4/2020 di antaranya adalah tiket pesawat, surat keterangan dinas, surat bebas COVID-19, dan lain sebagainya.

“Saat ini penumpang datang ke bandara untuk kemudian dilakukan pengecekan secara manual oleh petugas. Kami tengah menyiapkan supaya ke depannya seluruh dokumen yang dipersyaratkan bisa diunggah ke aplikasi Indonesia Airports. Setelah mengunggah dokumen, penumpang akan mendapat QR Code,” ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Jakarta.

( )

Ia mengatakan, prosedur keberangkatan penumpang pesawat ini kemungkinan besar menjadi New Normal bagi industri penerbangan di tengah pandemi global COVID-19, oleh karena itu PT Angkasa Pura II menyiapkan agar pelaksanaannya dapat sederhana namun tetap ketat melalui digitalisasi.

“Digitalisasi dalam pemeriksaan dokumen penumpang pesawat di tengah pembatasan penerbangan ini juga menjadi salah satu program smart airport PT Angkasa Pura II. Sejak 4 tahun lalu kami sudah menjalankan transformasi digital guna mewujudkan smart airport di Indonesia, oleh karena itu kami siap mengantisipasi skenario New Normal di tengah pandemi COVID-19,” ujar Muhammad Awaluddin.

Keseluruhan protokol New Normal saat ini tengah disiapkan PT Angkasa Pura II dan akan disampaikan kepada Kementerian BUMN pada 25 Mei 2020. Penerapan protokol tentu saja berdasaran keputusan pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)