Wapres: UMKM Tidak Boleh Tercecer dalam Hal Digitalisasi

loading...
Wapres: UMKM Tidak Boleh Tercecer dalam Hal Digitalisasi
Ilustrasi UMKM. Foto/Dok SINDOphoto/Yulianto
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan adanya pandemi Covid-19 memunculkan berbagai perubahan. Salah satunya adalah pandemi mempercepat transformasi digital dalam berbisnis.

“Sebagian besar usaha saat ini dilakukan secara online, dan hal ini terlihat dari pertumbuhan penjualan secara online dan meningkatnya aktivitas usaha jasa pengiriman barang,” katanya dalam acara Forum Indonesia Bangkit dengan tema Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Wapres Harap Perluasan Relaksasi PPnBM Berikan Efek Pengganda

Namun begitu Maruf menyebut masih ada UMKM yang belum tersentuh digitalisasi. Dia pun mengajak semua pihak untuk membantu UMKM mengikuti arus digitalisasi ini. “UMKM tidak boleh tercecer dalam hal digitalisasi. Namun UMKM harus menjadi bagian dalam transformasi ekonomi digital,” tuturnya.

Pada kesempatan itu dia juga menyebutkan bahwa dalam beberapa bulan ini adanya penurunan kasus covid dan mobilitas masyarakat yang meningkat secara terbatas telah memberikan rasa optimis terhadap perbaikan konsumsi masyarakat.



Baca juga: Rasio Vaksinasi Indonesia Masih di Bawah Rata-Rata Dunia

“Oleh karena itu, Ekspansi dunia usaha melalui investasi diharapkan dapat kembali meningkatkan produksi dan menyerap tenaga kerja. Termasuk ekspansi bisnis yang berbasis UMKM dan produk halal,” pungkasnya.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top