Jelang Ramadan, Pedagang Pasar Akui Harga Komoditi Pangan Mulai Naik

Selasa, 06 April 2021 - 14:41 WIB
loading...
Jelang Ramadan, Pedagang Pasar Akui Harga Komoditi Pangan Mulai Naik
Harga komoditi pangan mulai naik jelang puasa ramadan. Foto/SINDOphoto/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan bahwa saat ini sudah terjadi ritme kenaikan harga pada beberapa komoditas pangan . Namun, kenaikan yang terjadi masih dalam batas normal.

"Harga gula pasir, minyak goreng, daging, dan ayam sudah ada ritme kanaikan harga. Meski tergolong kecil dan masih normal tapi ada kenaikan," katanya kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (6/4/2021).



Dia memaparkan, ada beberapa komoditas pangan yang harganya biasanya naik jelang lebaran seperti gula pasir, semua jenis cabai, beras, minyak goreng, telur ayam, dan daging sapi. "Ini komoditas yang harus diantisipasi oleh pemerintah karena harganya selalu naik saat lebaran," ujarnya.

Sebelumnya, dia menjelaskan ada 3 fase kenaikan harga pangan saat bulan puasa ramadan. Fase pertama saat 3 hari menjelang bulan puasa. Dalam fase ini masyarakat berbondong - bondong membeli kebutuhan pangan, baik untuk jualan ataupun memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Orang berbondong-bondong untuk membeli pangan untuk jualan dan kebutuhan," ujarnya.

Kemudian, fase kedua saat 5 hari menjelang Idul Fitri. Naik harga pada fase ini disebabkan oleh banyaknya pembelian dari masyarakat. "Fase ini merupakan kenaikan tertinggi, karena masyarakat mempersiapkan stok hingga lebaran," katanya.



Ketiga, fase sesudah lebaran. Pada fase ini kebanyakan para penjual atau petani tidak menjual barang kebutuhan pangan sehingga terjadi kelangkaan. "Para petani atau pedagang biasanya libur setelah lebaran atau mudik," sebut dia. Menurut dia, ketiga fase ini yang harus diantisipasi oleh pemerintah agar tidak terjadi lonjakan harga.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2484 seconds (0.1#10.140)