Waktu Tempuh Jauh Lebih Singkat, Kereta Bandara YIA jadi Alternatif Menarik

Rabu, 07 April 2021 - 16:48 WIB
loading...
Waktu Tempuh Jauh Lebih Singkat, Kereta Bandara YIA jadi Alternatif Menarik
Ilustrasi kereta bandara. Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Kereta Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) akan beroperasi pada tahun ini. Saat ini, pengerjaan Kereta Bandara YIA sudah mencapai 86,04%. Adanya kereta Bandara YIA ini bisa menjadi alternatif masyarakat Yogyakarta. Lantas, jika membandingkan kereta bandara YIA dengan menggunakan kendaraan pribadi, mana yang lebih baik?.

Direktur Prasarana Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Heru Wisnu Prabowo mengatakan, jika melihat kecepatan, kendaraan pribadi memang jauh lebih cepat. Pasalnya, kendaraan pribadi bisa mencapai kecepatan maksimal 100 kilometer (km) per jam.

Sedangkan dengan menggunakan kereta bandara, kecepatannya hanya 80 km per jam. Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil kecepatannya tidak stabil dengan berbagai macam hambatan di jalan seperti macet.

Baca juga: Kereta Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Agustus, Segini Tarifnya

Oleh karena itu, waktu tempuh dengan menggunakan kereta bandara jauh lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit. “Perbandingan kalau mobil lebih cepat (kecepatannya) tapi (waktu tempuhnya lebih lama) karena belum ada macet,” ujarnya di Solo, Rabu (7/4/2021).

Sementara itu, keuntungan lain jika menggunakan kereta bandara adalah tidak menimbulkan polusi udara. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi akan menimbulkan polusi udara.

Baca juga: Dibandingkan Anies, Garasi Kepala Bapenda Makassar Ini Jauh Lebih Tajir

Dari sisi kapasitas, kereta bandara jauh lebih banyak karena bisa menampung dan membawa hingga 960 penumpang per trip. Sedangkan dengan mobil pribadi hanya 6 penumpang saja setiap perjalananya.

Sedangkan mengenai tarifnya, memang saat ini masih dihitung. Namun diperkirakan tarif kereta bandara hanya sekitar Rp25.000 saja. “Tarifnya masih dihitung. Mungkin paling mahal sekitar Rp25.000. Kita belum hitung karena tergantung penumpang yang naik di sana,” kata Heru.
(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2202 seconds (10.177#12.26)