Pandemi Tak Hanya Memengaruhi Perilaku Belanja, tapi juga Pekerjaan

loading...
Pandemi Tak Hanya Memengaruhi Perilaku Belanja, tapi juga Pekerjaan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Business Development Director Huawei Cloud and AI Indonesia Usman Niandinata mengungkapkan, selama pandemi , terjadi yang namanya digital transformation atau shifting secara digital. Menurut Usman, berdasarkan data dari beberapa lembaga survei yang berhasil dikumpulkan, sebagai contoh dari sisi perusahaan business to business (B2B), itu cenderung menurun. ( Baca juga:34 Perusahaan Dinilai Telah Menerapkan Industri 4.0 )

“Dapat terlihat bahwa segala sesuatu yang sifatnya lebih ke arah real touch antara humans to humans seperti halnya field sales team atau inside sales team itu cenderung menurun. Akan tetapi, ini terjadi yang namanya digital transformasi. Jadi mereka melakukan transformasi dan berubah, misalnya online support dan belanja melalui e-commerce terlihat ada peningkatan,” ujarnya dalam acara Parade Webinar HUT Okezone ke-14 Sesi II, Rabu (7/4/2021).

Lanjutnya, dilihat secara bisnis, pandemi Covid-19 memberikan suatu shifting dari sisi bisnis maupun lifestyle bagi setiap orang yang beraktivitas setiap harinya selama masa pandemi.

Selain itu, kata Usman, di kalangan dunia profesional terlihat bahwa ada beberapa pekerjaan yang justru demand-nya mengalami peningkatan di masa pandemi ini. Walaupun ada juga yang mengalami defisit. ( Baca juga:Kim Jong-un: Korea Utara Menghadapi Situasi Terburuk yang Pernah Ada )

“Secara overall saya mencoba untuk men-summary-kan bahwa yang meningkat ini adalah yang lebih ke arah digital skill, misalnya seperti big data specialist dan data analyst. Sementara pekerjaan yang sebaliknya itu biasanya mengalami sedikit decreasing. Jadi kita melihat bahwa ada terjadi suatu perubahan yang di-drive oleh pandemi Covid ini,” ucap dia.

(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top