Menteri Teten: QRIS Bisa Tingkatkan Ekonomi Digital RI

Rabu, 07 April 2021 - 22:00 WIB
loading...
Menteri Teten: QRIS Bisa Tingkatkan Ekonomi Digital RI
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 sudah genap satu tahun menghatam semua pelaku usaha termasuk UMKM. Kemudian lanjut dia, pandemi ini memaksa perubahan mendasar di seluruh aspek termasuk akselerasi menuju ekonomi dan keuangan digital.

"Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengapresiasi sepenuhnya langkah BI yang telah menghadirkan QRIS sebagai kebijakan dan langkah strategis dalam meningkatkan pengembangan ekonomi digital di Indonesia yang mencangkup sektor perdagangan ritel, sosial keagamaaan dan kesehatan," ujar dia dalam agenda Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2021, secara virtual, Rabu (7/4/2021).



Seperti diketahui, QR Code Indonesian Standard (QRIS yang merupakan standar QR Code nasional untuk pembayaran digital) di seluruh Indonesia. Pihaknya juga meyakini kepercayaan masyarakat terhadap pembayaran berbagai transaksi melalui QRIS agar meningkat pesat khususnya dengan adanya edukasi dan pendampingan kepada pelaku UMKM. "Kami optimis implementasi QRIS akan semakin menggunggah kesadaran bagi pelaku ekonomi digital di Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat non-tunai yang semakin inklusif," ungkap dia.



Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengakui dirinya baru saja dipanggil Presiden Jokowi. Dia diminta memastikan praktik harga dumping produk impor jangan sampai membunuh UMKM. "Kami sudah dipanggil Pak Presiden untuk segera mengatur perdagangan di market place online. Jangan sampai ada dumping yang bisa membunuh UMKM," ujar Teten.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)