Kunci Produktivitas Pertanian, Penyuluh Swadaya di Simalungun Dibekali Pelatihan IPDMIP

Kamis, 08 April 2021 - 15:08 WIB
loading...
Kunci Produktivitas Pertanian, Penyuluh Swadaya di Simalungun Dibekali Pelatihan IPDMIP
Untuk memaksimalkan program IPDMIP, para penyuluh swadaya di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengikuti pelatihan IPDMIP. Foto/Dok
A A A
SIMALUNGUN - Untuk memaksimalkan program IPDMIP, para penyuluh swadaya di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengikuti pelatihan IPDMIP. Dengan cara ini, diharapkan kebutuhan penyuluh bisa terpenuhi.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, mengatakan kebutuhan penyuluh sangat penting. "Penyuluh adalah garda terdepan dalam pertanian. Penyuluh adalah orang yang selalu mendampingi petani dalam beraktivitas," katanya.



Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSMDP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengutarakan hal serupa. "Peningkatan kualitas SDM pertanian sangat penting. Karena, SDM adalah faktor utama dalam peningkatan produktivitas , SDM itu baik petani, penyuluh,petani milenial, poktan, maupun gapoktan," katanya.

Dijelaskan Dedi Nursyamsi, keberadaan PenyuluhPertanian saat ini masih dirasakan kurang untuk memberikan pelayanan penyuluhan yang optimal bagi petani. "Apabilahanya mengandalkan sepenuhnya pada Penyuluh Pertanian Lapangan yang ada (Penyuluh Pertanian PNS dan Tenaga Harian Lepas‐Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian/THLTBPP yang telah direkrut oleh Pemerintah), jelas tidak mencukupi," katanya.

Untukmengantisipasi kondisi tersebut, diperlukan pemberdayaan Penyuluh Pertanian Swadaya sebagai mitrakerja PenyuluhPertanianLapangan (PPL) yangsecarapotensialterdapatdi setiapdesa. Hal tersebut direspons Dinas Pertanian (DPIU) Kabupaten Simalungun. Untuk mendukung kegiatan IPDMIP tahun 2021, mereka melaksanakan Pelatihan Penyuluh Swadaya yang direncanakan 5 (lima) angkatan.

Angkatan 1 telah di selenggarakan di BPP Jorlang Hataran Kecamatan Jorlang Hataran. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, 22-26 Maret 2021, dengan jumlah peserta 30 orang terdiri dari 17 laki – laki dan 13 orang perempuan. Sementara angkatan ke 2 dilaksanakan 6-9 April 2021, di BPP Hatonduhan Kecamatan Hatonduhan. Jumlah peserta 30 orang terdiri dari 19 laki-laki dan 11 perempuan.

Dan angkatan ke 3akan dilaksanakan Di BPP Tanah Jawa Kecamatan Tanah Jawa pada tanggal 13-16 April 2021 dan selanjutnya menyusul BPP Jawa Maraja Bah Jambi dan BPP Hutabayu Raja.

Pelaksanaan Pelatihan Penyuluh Swadaya ini dikoordinir oleh tim DPIU IPDMIP Kabupaten Simalungun, Kabid penyuluhan Syahril, dan Kadar Situmorang sebagai pelaksana beserta Staf Dinas Pertanian lainnya bersama Konsultan Kabupaten Muhammad Ridwan.

Pelatihan penyuluh swadaya ini dibuka Kepala Dinas Petanian Ruslan Sitepu. Beliau berharap peserta pelatihan penyuluh swadaya agar dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan teknis penyuluhan. "Melalui pelatihan ini, penyuluh bersungguh sungguh untuk mengikutinya sampai pada hari terakhir acara pelatihan," katanya.



Metode pelatihan yang digunakan ceramah, Tanya jawab, diskusi , penugasan dan praktek lapangan. Materi yang diberikan antara lain; Pendekatan penyuluhan pertanian, Metode penyuluhan pertanian, Perencanaan penyuluhan pertanian, Melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian, Teknis Pembuatan Pupuk Organik, Praktek Lapangan teknis tanam jajar legowo dan beberapa materi tambahan lainnya.

Melalui kegiatan pelatihan penyuluh swadaya ini, diharapkan nantinya akan muncul penyuluh - penyuluh swadaya yang berkwaliatas dan handal dalam melaksanakan tugas- tugas penyuluhan dalam mendampingi kelompok tani di daerah masing masing.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)