Jelang Ramadan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Masih Stabil

loading...
Jelang Ramadan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Masih Stabil
Suasana di salah satu pasar tradisional di kawasan Depok, Pasar Depok Jaya. Foto/MPI/Shelma Rachmayanti
DEPOK - Jelang bulan puasa ramadan , pasokan dan harga bahan pangan di pasar tradisional terpantau masih relatif stabil. Meskipun terdapat kenaikan, tetapi masih dalam batas wajar.

Dari pantauan MNC Portal Indonesia, suasana di salah satu pasar tradisional di kawasan Depok, Pasar Depok Jaya, cukup ramai. Terdapat banyak pengunjung yang menyambangi kios pedagang sayur, ayam atau ikan, dan bumbu-bumbu masakan. Akan tetapi, pengunjung lebih banyak memadati kios pedagang ayam.

Baca juga: Belanja di Harbolnas Ramadan Gratis Ongkir

Salah seorang pedagang ayam, Bapak Enday (50 tahun) mengaku harga ayam sudah mulai naik dari minggu lalu. Kenaikan itu masih terus berlanjut sampai dengan hari ini.

“Minggu lalu masih Rp50.000, sekarang udah naik jadi Rp60.000. Modal saya aja Rp58.000, lagi mahal emang,” kata Enday kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (10/4/2021).



Menurut dia, walaupun harga ayam sedang mahal tetapi masih banyak masyarakat yang membeli. Hal ini disebabkan ayam banyak dipakai untuk acara munggahan yang biasa dilakukan beberapa hari menjelang ramadan. Tradisi munggahan misalnya dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk sekadar makan-makan dan juga saling bermaafan.



Sementara itu, harga cabai rawit merah terpantau masih cukup tinggi. Saat ini cabai rawit merah menyentuh angka Rp100.000 per Kg. Kemudian, harga cabai rawit hijau dan cabai merah saat ini berada di angka Rp60.000 per Kg. Selain itu, harga bawang merah dan bawang putih kating masih di kisaran Rp45.000 per Kg.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top