Konsisten Terapkan Transformasi Digital, Peruri Raih Anugerah BUMN 2021

loading...
Konsisten Terapkan Transformasi Digital, Peruri Raih Anugerah BUMN 2021
Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menerima penghargaan Special Recognition kategori Digital Shifting dalam acara Anugerah BUMN 2021 ke-10. Foto/Dok
JAKARTA - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia ( Peruri ) menerima penghargaan Special Recognition kategori Digital Shifting dalam acara Anugerah BUMN 2021 ke-10 pada Kamis, 8 April 2021 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Penghargaan diterima oleh Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri, Gandung Anggoro Murdani yang diserahkan oleh Dr. Agus Nurudin, CEO Nielsen Indonesia.

“Acara penghargaan yang mengusung tema Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi ini merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kiprah transformasi dan strategi unggul untuk bertahan di masa pandemi.” jelas CEO BUMN Track, SH Sutarto selaku penyelenggara kegiatan.

Baca Juga: BPN Gandeng Peruri untuk Digitalisasi Dokumen

Seperti yang diketahui bahwa pandemi telah banyak mengubah tatanan hidup, bisnis serta interaksi antar manusia. Tidak sedikit perusahaan yang terdampak dari adanya pandemi sehingga diperlukan strategi dan terobosan-terobosan khusus untuk dapat bertahan.

Salah satu hal baru di era pandemi adalah diterapkannya pola kerja work from home sehingga betul-betul diperlukan cara kerja baru (shifting) untuk mengatur kinerja dan operasional perusahaan tetap terjaga kualitasnya.



Salah satu kendala dari pola kerja work from home adalah proses penandatanganan dokumen. Untuk menjawab tantangan tersebut, Peruri memiliki produk yang telah diluncurkan sejak 2019 yaitu tanda tangan digital (Peruri Sign) untuk mempermudah proses penandatanganan dokumen saat work from home.

Peruri Sign banyak membantu perusahaan menjalankan operasional dan menjaga kinerjanya di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pelanggan produk digital Peruri sepanjang 2020 adalah sebanyak 105 perusahaan, yang 10 di antaranya adalah BUMN dengan aset terbesar.

Kemudian di internal perusahaan sendiri, Peruri telah banyak melakukan digitalisasi dalam menjalankan proses bisnis. Transformasi digital dilakukan semata-mata untuk meningkatkan efektivitas sejalan dengan program efisiensi biaya operasional perusahaan.

“Terima kasih kepada BUMN Track dan PPM Manajemen atas apresiasinya kepada Peruri. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berupaya memberikan nilai tambah serta berinovasi dalam hal teknologi digital sehingga dapat membantu upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi perusahaan-perusahaan di Indonesia,” kata Gandung Anggoro Murdani.

Baca Juga: Kredit Macet Pengusaha di Bank BUMN Direncanakan Didelet



Untuk diketahui bahwasannya program transformasi digital yang dijalankan Peruri merupakan buah konsistensi Peruri dalam menerapkan kompetensi utamanya sebagai perusahaan penjamin keaslian. Sejak 1971 Peruri telah dipercaya pemerintah untuk menjaminkan keaslian uang rupiah serta beberapa dokumen vital lainnya seperti paspor, meterai, pita cukai dan sertipikat tanah.

Saat ini Peruri telah meningkatkan kemampuannya dalam menjaminkan keaslian produk atau dokumen elektronik melalui tiga lini produknya yaitu Peruri Sign, Peruri Code dan Peruri Trust.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top