Kerja Sama RI-Jerman Ibarat Si Kembar Nakula-Sadewa

Minggu, 11 April 2021 - 16:35 WIB
loading...
Kerja Sama RI-Jerman Ibarat Si Kembar Nakula-Sadewa
Menperin juga mengibaratkan Indonesia dan Jerman sebagai tokoh kembar pewayangan Nakula-Sadewa dalam pelaksanaan Hannover Messe 2021: Digital Edition. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia menjadi official partner country Hannover Messe 2021 : Digital Edition yang digelar pada 12-16 April 2021. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengatakan, peluang strategis ini tak lepas dari kerja sama yang terjalin antara Indonesia dengan Jerman.

“Jerman merupakan salah satu mitra ekonomi terpenting Indonesia di Eropa. Hubungan diplomatik kedua negara telah ada sejak 1952,” kata Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Minggu (11/4/2021).



Menperin juga mengibaratkan Indonesia dan Jerman sebagai tokoh kembar pewayangan Nakula-Sadewa dalam pelaksanaan Hannover Messe 2021: Digital Edition ini. Kedua tokoh tersebut mencerminkan “kekembaran” kedua negara, Indonesia dan Jerman, yang aktif menjalin kerja sama erat dan komprehensif.

“Karakter ini juga menyimbolkan kerja sama yang sangat baik. Mereka juga merupakan karakter berintelektual tinggi, dan yang tidak kalah penting, andal di bidangnya (mahir memanah),” jelasnya.

Menperin optimistis, penguatan sinergi Indonesia dan Jerman, khususnya di sektor industri, akan memacu pemulihan ekonomi nasional saat ini di tengah dampak pandemi Covid-19. “Kolaborasi kedua negara ini salah satunya diwujudkan melalui pelaksanaan Hannover Messe sebagai ajang pameran teknologi industri ternama di dunia,” terangnya.

Sementara itu, pada tahun 2023 nanti, Indonesia kembali dipercaya menjadi official partner country pada perhelatan tersebut. “Harapannya, kondisi pada 2023 sudah kembali seperti semula sehingga pameran bisa diselenggarakan di Hannover. Hal ini merupakan hasil dari hubungan diplomatik yang kuat, dan tentunya hasil dari kerja keras seluruh pihak, seperti Kementerian Luar Negeri melalui Duta Besar RI di Jerman,” papar Agus.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Angela Merkel akan meresmikan secara live pada pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, tanggal 12 April 2021. Dalam rangkaian acara pembukaan tersebut, juga akan dilaksanakan Penandatangan Joint Declaration of Intent between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Federal Republic of Germany on Bilateral Dialogue regarding Quality Infrastructure (JDoI Infrastruktur Mutu).

“Kami berharap, kerja sama ini dapat semakin memperlancar hubungan ekonomi antara kedua negara dan mengurangi hambatan-hambatan teknis yang selama ini dihadapi,” kata Menperin.

Agus menambahkan, hubungan bilateral kedua negara semakin meningkat dan erat dengan adanya momentum kunjungan resmi Presiden RI Joko Widodo ke Berlin pada 17-18 April 2016. Presiden Jokowi dan Kanselir Angela Merkel telah menyepakati kembali penguatan hubungan kemitraan strategis (stepping up strategic partnership) kedua negara melalui tiga fokus bidang kerja sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)