11 Perjanjian Dagang On Going, 4 di Antaranya Target Rampung 2021

loading...
11 Perjanjian Dagang On Going, 4 di Antaranya Target Rampung 2021
Wamendag, Jerry Sambuaga menerangkan, saat ini pihaknya tengah melakukan penyelesaian terhadap 11 perjanjian dagang. Rencananya dari jumlah tersebut 4 perjanjian dagang bisa diselesaikan pada tahun ini. Foto/Dok
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga menerangkan, saat ini pihaknya tengah melakukan penyelesaian terhadap 11 perjanjian dagang . Rencananya dari jumlah tersebut 4 perjanjian dagang bisa diselesaikan pada tahun ini.

"Ada 11 perjanjian dagang yang sedang on going, yang besar perjanjian itu misalnya CEPA dengan Uni Eropa, Indonesia-EU CEPA," ujarnya dalam sosialisasi Perjanjian Dagang, Senin (12/4/2021).

Baca Juga: Diversifikasi Ekspor, Kemendag Akan Jajaki 21 Perjanjian Perdagangan Baru

Bentuk dalam perjanjian tersebut terdiri dari Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA), Free Trade Agreement (FTA), dan Preferential Trade Agreement (PTA).

"Dari 11 ini kami menargetkan mudah-mudahan tahun ini 3 sampai 4 perjanjian," terangnya.



Baca Juga: Wamenhan dan Wamendag Bahas Isu Pertahanan dari Sisi Perdagangan

Sekedar informasi, 11 perjanjian dagang yang ditargetkan selesai tahun ini meliputi, Indonesia-European Union CEPA, Indonesia-Turkey CEPA, Indonesia-Pakistan TIGA (Trade in Goods Agreement atau peningkatan dari PTA), Indonesia-Bangladesh PTA, dan Indonesia-Tunisia PTA.

Selanjutnya, Indonesia-Iran PTA, Indonesia-Mauritius PTA, dan Indonesia-Morocco PTA. Sedangkan, perjanjian dagang yang telah memasuki proses review yakni Asean Economic Community dan Asean-India FTA (AIFTA).
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top