IHSG Masih Berpotensi Menguat ke Level 6.000

loading...
IHSG Masih Berpotensi Menguat ke Level 6.000
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat ini keluar dari level level 6.000. Pada penutupan perdagangan Senin (12/4/2021), Indeks ditutup turun 121,64 poin atau 2,00 persen ke 5.948.

Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, terdapat sejumlah sentimen yang dapat mengangkat kinerja IHSG kembali ke level 6.000. Adapun sentimen tersebut berasal dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Hari Pertama Puasa IHSG Diprediksi Lemah Lesu, Cek Rekomendasi Sahamnya

"Sejumlah sentimen diantaranya optimisme recovery perekonomian global, hawkish statement The Fed dan kejelasan/realisasi kebijakan stimulus infrastruktur dari Presiden AS Joe Biden," ujar Nafan, Selasa (13/4/2021).

Kemudian, GDP Tiongkok yang diproyeksikan terakselerasi 18.3 persen dan juga data penjualan ritel maupun penjualan ritel inti AS diprediksikan semakin positif juga dapat menjadi sentimen yang bisa mengangkat IHSG. "Data inflasi maupun inflasi inti AS diprediksikan semakin positif dan proyeksi dari membaiknya data US Unemployment Claims," kata dia.



Baca Juga: Relaksasi Penyampaian Lapkeu Emiten Dikritisi, BEI Buka Suara

Sementara itu, dari sentimen dalam negeri juga terdapat sejumlah sentimen yang dapat mempengaruhi IHSG, seperti vaksinasi Covid-19 dan peningkatan konsumsi masyarakat di bulan ramadan. "Vaksinasi massal sebagai game changer dan meningkatnya aktivitas konsumsi di bulan suci Ramadan," ucapnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top