Pupuk Indonesia Kenalkan Produk 4.0 Saat Hannover Messe 2021

loading...
Pupuk Indonesia Kenalkan Produk 4.0 Saat Hannover Messe 2021
PT Pupuk Indonesia (Persero) ikut memperkenalkan produk berupa inovasi digital mulai dari bidang produksi, distribusi, teknologi pemupukan presisi, hingga proyek strategi dalam ajang Hannover Messe 2021. Foto/Dok
JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) ikut memperkenalkan produk perusahaan berupa inovasi digital mulai dari bidang produksi, distribusi, teknologi pemupukan presisi, hingga proyek strategis. Inovasi tersebut ditampilam dalam ajang pameran industri dan perdagangan internasional Hannover Messe 2021 (HM21)

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky menyebut pihaknya dipilih oleh Kementerian Perindustrian berkat transformasi digital yang memanfaatkan industri 4.0 secara optimal dan dinilai dapat mendukung transformasi industri dan ekonomi nasional.

Baca Juga: Anugerah BUMN 2021, Pupuk Indonesia Raih Best Corporate & Best CEO BUMN

Pupuk Indonesia menjadi satu dari 156 perusahaan di Indonesia yang terpilih dan turut berpartisipasi dalam ajang pameran industri dan perdagangan terbesar di dunia, Hannover Messe 2021.

Anggota holding Pupuk Indonesia, yaitu Pupuk Kaltim dan Rekayasa Industri juga ikut berpartisipasi dan menjadi bagian dari 6.500 perusahaan dari 75 negara yang menampilkan inovasi digitalnya. Hal ini merupakan bentuk dukungan Pupuk Indonesia dalam mendorong percepatan digitalisasi atau Making Indonesia 4.0.



Panji mengatakan, bahwa Hannover Messe 2021 Digital merupakan kesempatan bagi Pupuk Indonesia untuk memperluas kerja sama dengan negara lain. “Keikutsertaan Pupuk Indonesia dalam ajang ini sejalan dengan upaya transformasi bisnis perusahaan,” ujar Panji.

Baca Juga: Di Hannover Messe 2021, Pertamina Ungkap Dukungannya Terhadap Industri 4.0

Di bidang produksi, Pupuk Indonesia menampilkan Smart Production, yaitu sistem big data yang mengintegrasikan data pneumatik dan Distributed Control System (DCS) dengan data operasional, seperti hasil maintenance, inspeksi, dan tes laboratorium. Dari pengolahan data ini, Pupuk Indonesia bisa mendapatkan evaluasi proses produksi secara real time.

Pada bidang distribusi, Pupuk Indonesia menerapkan Smart Distribution, yaitu sistem penebusan pupuk secara online (e-Commerce) yang terintegrasi dengan gudang. Selanjutnya sistem pemantauan stok dan distribusi atau Distribution Planning & Control System (DPCS), hingga sistem optimalisasi bongkar-muat barang di seluruh pelabuhan milik Pupuk Indonesia.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top