Dear Maskapai, Penumpang Akan Datang Kok Asal Protkes Konsisten

loading...
Dear Maskapai, Penumpang Akan Datang Kok Asal Protkes Konsisten
Penerapan protokol kesehatan (Protkes) menjadi salah satu daya tarik yang kuat untuk menarik pasar dalam negeri. Hal ini terbukti dari kinerja penerbangan pada tahun lalu. Foto/Dok
JAKARTA - Tim Riset INACA White Paper sekaligus dosen dan peneliti FEB Universitas Padjajaran (Unpas), Yayan Satyakti mengatakan, penerapan protokol kesehatan (Protkes) menjadi salah satu daya tarik yang kuat untuk menarik pasar dalam negeri. Hal ini terbukti dari kinerja penerbangan pada tahun lalu.

Baca Juga: Maskapai! Dengerin Nih Masukan Budi Karya Sumadi Agar Bisa Bertahan Saat Pandemi

Lantaran itu maskapai penerbangan diminta untuk fokus dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena hal itulah salah satu cara untuk menggaet pasar dalam negeri.

“Menurut hasil dari riset kami penguatan khususnya domestic market dengan protokol kesehatan itu adalah hal yang sangat signifikan untuk meningkatkan permintaan Airline bagi masyarakat. Dan ini terbukti selama tahun 2020 tersebut,” ujarnya dalam acara Webinar INACA, Kamis (15/4/2021).

Menurut Yayan, selama pandemi maskapai mulai melakukan perubahan. Dari yang sifatnya hanya mementingkan mobilitas kini mulai beradaptasi dengan fokus juga protokol kesehatan.



“Jika kita lihat berdasarkan hasil risetnya ternyata bahwa konsep dari maskapai untuk meningkatkan penumpang itu sebetulnya tidak berdasarkan pada mobilitas semata,” kata Yayan.

Baca Juga: Cerita Industri Penerbangan RI Digerogoti Pandemi, Sempat Kehilangan 60 Juta Penumpang

Sebagai salah satu contohnya adalah dengan menerapkan ketentuan pembatasan penumpang agar bisa tetap menjaga jarak. Selain itu juga mewajibkan untuk melampirkan surat keterangan sehat dan bebas covid-19.

“Kalau berdasarkan hasil perhitungan kami itu kurang lebih sekitar 30 sampai 40% bahwa selama perusahaan maskapai itu melakukan adaptasi yang baik artinya dari sisi apa protokol kesehatan. Kemudian juga misalkan melakukan apa tes atau misalkan melakukan yang sekarang kita biasanya dilakukan khususnya untuk sektor penerbangan itu menyumbang lebih tinggi dibandingkan dengan mobilitas,” jelasnya.

Menurut Yayan, dengan kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan, maka maskapai tersebut akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Jika kepercayaan sudah tumbuh, maka akan dengan sendirinya permintaan khususnya domestik akan datang.



“Artinya bahwa selama maskapai itu memperoleh trust dari masyarakat dan kemudian daerah yang bersangkutan begitu aman maka itu yang akan membangkitkan permintaan dari domestik penumpang,” jelasnya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top