Membuat Tangga Beton di Rumah, Ini Cara Mudahnya

Kamis, 22 April 2021 - 14:26 WIB
loading...
Membuat Tangga Beton di Rumah, Ini Cara Mudahnya
Membuat Tangga Beton di Rumah, Ini Cara Mudahnya
A A A

Kita biasa menggunakan tangga atau lift sebagai penghubung bangunan dua lantai atau lebih. Untuk bangunan rumah tinggal biasanya kita memilih menggunakan tangga yang tentunya jauh lebih murah dan sederhana ketimbang lift.

Bila itu yang Anda pilih perhatikan konstruksi tangga pada perencanaan bangunan bertingkat. Ini harus dirancang secara matang dan presisi. Anda perlu mempertimbangkan cara mudah membuat tangga rumah dari beton bertulang dengan sudut kemiringan tangga yang nyaman, efisien serta mudah untuk digunakan saat naik maupun turun. Berikut ini tahapan cara membuat tangga beton bertulang yang wajib Anda ketahui:

1. Membuat Pondasi Tangga
Pondasi tangga memiliki fungsi sebagai dasar tumpuan landasan supaya tangga stabil, tidak bergeser maupun bergoyang. Jenis pondasi yang digunakan biasanya berupa pasangan pondasi batu kali, beton bertulang atau juga dapat menggunakan kombinasi kedua bahan tersebut.

2. Membuat Bekisting
Selanjutnya membuat bekisting tangga dengan benar. Sebelum dilakukan, Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu elevasi atau ketinggian dari lantai yang berada dibawahnya agar Anda dapat mengetahui kebutuhan alat apa saja yang dibutuhkan. Apakah akan menggunakan perancah kayu atau dengan scaffolding.

3. Pemasangan Tulangan Badan dan Rangka
Berikutnya adalah tahap memasang besi bertulang. Proses ini hanya dapat terjadi apabila bekisting telah selesai dipasangkan. Pertama-tama Anda perlu memasangkan tulangan utama terlebih dahulu, kemudian setelahnya baru dirangkai menggunakan tulangan sengkang. Beton decking ini dipasang pada bagian bawah tulangan dengan ketebalan ±2 cm.

Pemasangan ini harus disesuaikan dengan gambar teknis supaya tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Tulangan anak tangga beton bertulang nantinya akan dihubungkan dengan tulangan badan tangga dengan cara mengikat dengan kawat. Lalu tulangan dipasang memanjang dengan tujuan untuk memperkuat anak tangga. Jangan lupa beton decking juga akan dipasang pada sisi yang sama dengan bekisting dengan ketebalan sekitar ±2 cm.

Apabila proses pemasangan tulangan bordes dan badan tangga telah selesai dilakukan, Anda mulai dapat memasangkan dinding tangga pada sisi lain serta dinding bordes pada bagian atas badan tangga. Bekisting dinding tangga nantinya akan dipakukan pada bekisting badan tangga.

4. Pengecoran
Setelah pemasangan tulang bordes dan bekisting dinding dilanjutkan ke tahap pengecoran. Pastikan pemasangan bekisting tangga sudah tepat dan kuat melakukan proses pengecoran tangga. Pengecoran ini harus dilakukan secara menyeluruh pada bagian tangga.

Hasil cor harus didiamkan dulu untuk beberapa saat. Proses pembongkaran dinding badan tangga serta trape bisa mulai dilakukan ketika beton telah mencapai 12 jam. Sedangkan untuk bagian badan tangga serta bordes baru dapat dilakukan apabila telah mencapai 7 hari lebih dan sudah teruji. Pembongkaran balok bordes serupa dengan proses pembongkaran balok biasa.

Jangan lupa, untuk pengecoran gunakan bahan material yang baik dan terukur. Salah satu bahan bangunan yang wajib ada adalah semen. Membuat bangunan akan lebih maksimal hasilnya jika menggunakan produk bahan bangunan berbasis aplikasi yang sesuai dengan kegunaannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3470 seconds (0.1#10.140)