MNC Sekuritas: Ini Tiga Indeks Saham Syariah yang Investor Wajib Tahu, Cek Segera!

Kamis, 22 April 2021 - 15:14 WIB
loading...
MNC Sekuritas: Ini Tiga Indeks Saham Syariah yang Investor Wajib Tahu, Cek Segera!
MNC Trade Syariah merupakan solusi yang tepat untuk berinvestasi saham secara halal menurut prinsip syariah. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Belum lengkap rasanya jika tidak membahas hal yang berkaitan dengan syariah, di bulan suci Ramadan. Investasi saham syariah sudah lama ada di pasar modal Indonesia, tetapi belum banyak yang tahu bahwa alternatif investasi ini bisa menjadi pilihan untuk umat Muslim. Saham syariah sendiri merupakan efek dalam bentuk saham yang keberadaannya tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.



Sebagai anggota dari Bursa Efek Indonesia dan unit bisnis PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang bernaung di bawah MNC Group, MNC Sekuritas memfasilitasi transaksi saham syariah melalui aplikasi MNC Trade Syariah, yang tersedia di versi desktop maupun mobile. MNC Trade Syariah merupakan solusi yang tepat untuk berinvestasi saham secara halal menurut prinsip syariah. Sharia Business & Development MNC Sekuritas Sutrisna Amijaya mengungkapkan saham syariah memiliki kriteria yang berbeda dengan saham konvensional sekali pun memiliki mekanisme yang sama. Perusahaan yang terdaftar dalam daftar saham syariah tidak boleh bergerak di bidang usaha yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

“Investor dapat mengecek saham syariah melalui Daftar Efek Syariah yang sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan diterbitkan oleh Pihak Penerbit Daftar Efek Syariah. Beberapa indeks saham syariah yang ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia sebagai acuan daftar saham syariah, yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index (JII) dan Jakarta Islamic Index 70 (JII70),” jelas Sutrisna.



Rincian tiga indeks saham syariah dapat disimak berikut ini:
1. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)
Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) merupakan seluruh saham syariah yang tercatat di Bursa Efek Indonesia serta masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Konstituen ISSI diseleksi sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu setiap bulan Mei dan November.

2. Jakarta Islamic Index (JIII)
Konstituen JII terdiri dari 30 saham syariah paling likuid yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia. Beberapa kriteria saham yang masuk dalam JIII adalah saham yang 60 saham yang sudah dipilih berdasarkan urutan rata-rata kapitalisasi pasar tertinggi selama 1 tahun terakhir dan rata-rata nilai transaksi harian di pasar regular tertinggi.

3. Jakarta Islamic Index 70 (JII70)
Konstituen JII70 terdiri dari 70 saham syariah paling likuid yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Kriteria saham yang termasuk dalam JII70 adalah 150 saham berdasarkan urutan rata-rata kapitalisasi pasar tertinggi selama 1 tahun terakhir dan 70 saham berdasarkan rata-rata nilai transaksi harian di pasar regular tertinggi.

Buka rekening saham syariah di MNC Sekuritas sekarang! Manfaatkan juga bonus langsungnya melalui promo TRAKTOR (Traktir Investor) yang masih berlangsung hingga 31 Mei 2021! Dapatkan hadiah langsung e-voucher Shopee senilai total Rp2 miliar. Voucher ini berhak diperoleh nasabah baru pembuka rekening saham MNC Sekuritas dengan menggunakan kode referral, serta orang yang mengajak dengan kode referralnya. Selain itu, bagi yang berhasil mengajak teman paling banyak untuk membuka rekening saham di MNC Sekuritas, punya kesempatan untuk membawa pulang motor Honda Beat untuk 10 pemenang Top Referral. Untuk informasi lebih lanjut, cek di www.mncsekuritas.id!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)