Selamat! Usung ESG, MNC Group Kembali Raih Penghargaan TOP CSR Awards 2021

Jum'at, 23 April 2021 - 17:57 WIB
loading...
Selamat! Usung ESG, MNC Group Kembali Raih Penghargaan TOP CSR Awards 2021
MNC Group kembali meraih penghargaan TOP CSR Awards 2021. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - MNC Group Kembali meraih penghargaan TOP CSR Awards 2021. Penghargaan TOP CSR Awards 2021 diberikan kepada sejumlah perusahaan terkemuka yang berasal dari berbagai sektor bisnis, di Hotel Raffles Jakarta, Ciputra World, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

TOP CSR Awards diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business, yang bekerja sama dengan sejumlah institusi. Penghargaan tersebut merupakan kesinambungan dari penghargaan serupa yang diberikan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, tema yang diangkat adalah "Peran Strategis CSR dalam Mendukung Keberlangsungan Bisnis yang Berkelanjutan di Masa Kenormalan Baru". Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2021 Moh Lutfi Handayani, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 150 perusahaan finalis (dari 800 perusahaan). Partisipasi ini meningkat 25% dari tahun lalu yang sebanyak 120 finalis.



MNC Group kembali meraih penghargaan TOP CSR Awards 2021, setelah mendapatkan penghargaan yang sama pada 2017, 2018 dan 2020. Dua penghargaan yang diterima adalah TOP CSR Awards 2021 #Star 4 kepada MNC Group dan TOP Leader on CSR Commitment 2021 kepada Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo memaparkan penghargaan ini merupakan motivasi untuk berbuat lebih baik lagi. “Dengan adanya apresiasi yang kami terima, tentunya sangat memotivasi kami dan membuat kami terus semangat untuk terus berkomitmen dan berbuat lebih banyak dalam kepedulian sosial," kata Jessica, di Jakarta, Jumat (23/4/2021).

Jessica juga menyampaikan syukurnya atas penghargaan yang diterima. “Kami merasa bangga dan beryukur atas apresiasi ini. Selama ini kami hanya fokus untuk berbagi, kami berbahagia bahwa yang kami lakukan ternyata bisa mendapatkan apresiasi secara berturut-turut,” ujarnya.

Jessica menegaskan MNC Group melalui MNC Peduli dalam seluruh kegiatan CSR-nya telah mengacu kepada Sustainable Development Goals (SDGs) dan juga peraturan yang diberlakukan OJK untuk perusahaan finansial yang bernaung di bawah MNC Group. Selain itu, MNC Group menerapkan prinsip-prinsip yang mengusung lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik ( Environmental, Social and Governance / ESG). Untuk diketahui, setiap tahun TOP CSR Awards selalu diikuti oleh ratusan perusahaan. Selain proses penilaian yang obyektif dan independen, setiap peserta mendapat banyak manfaat karena dapat terpacu serta terus belajar dan berusaha untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas program-program CSR-nya.

Lutfi menegaskan, kegiatan tahunan TOP CSR Awards ini, tidak hanya sekedar ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebagai community development yang efektif dan berkualitas saja.

Namun juga sebagai sarana pembelajaran bersama bagi para peserta, untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung bisnis yang berkelanjutan. Dalam wawancara penjurian, dewan juri memberikan masukan dan saran-saran perbaikan kepada para peserta, untuk peningkatan kualitas CSR perusahaan ke depan.



Selain itu, seminggu sebelum acara penghargaan, ada kegiatan edukasi Indepth Webinar: ISO 26000 SR, agar semakin banyak perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, dapat mengadopsi klausa-klausa dalam ISO 26000 SR tersebut. Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards 2021 Mas Achmad Daniri menjelaskan, sejumlah hal tentang ajang penghargaan tersebut. Ada beberapa kriteria utama penilaian terhadap program CSR perusahaan peserta.

Pertama, bagaimana tingkat keselarasan CSR dengan strategi bisnis dan penerapan Creating Shared Value (CSV). Kedua, program CSR unggulan di masa pandemi Covid-19. Hal ini menjadi penting, agar keberadaan CSR, dapat terus berperan untuk membantu perusahaan dalam kondisi dan situasi sulit seperti ini. Ketiga, sejauh mana CSR perusahaan sudah mengadopsi CSR terhadap ISO 26000 social responsibility. Keempat, bagaimana kebijakan dan sistem tata kelola CSR.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3797 seconds (0.1#10.140)