Dipicu Kenaikan Harga Bahan Pokok, Inflasi April Capai 0,13%

loading...
Dipicu Kenaikan Harga Bahan Pokok, Inflasi April Capai 0,13%
Kenaikan harga cabai rawit dan cabai merah turut merndorong naiknya inflasi bulan April 2021. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi pada bulan April 2021 mencapai 0,13%. Adapun tingkat inflasi secara tahun kalender (month of month/mom) sebesar 0,58% dan tahunan (year-on-year/yoy) mencapai 1,42%.

Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan, inflasi ini utamanya masih disumbang oleh bahan pokok. Diantaranya, kenaikan harga cabai rawit dan cabai merah.

Baca Juga: Daging Ayam dan Sapi Diramal Bikin inflasi Akhir April Sebesar 0,18%

"Kalau kita lihat komoditas penyumbang inflasi 0,13%. Ada komoditas daging ayam ras, cabai rawit dan cabai merah. Dan beberapa kebutuhan lainnya minyak goreng, jeruk, emas dan ikan segar," kata Setianto di Jakarta, Senin (3/5/2021).



Dari 90 kota yang terdata IHK (indeks harga konsumen), 72 kota mengalami inflasi dan 18 kota mengalami deflasi. Rinciannya, inflasi tertinggi jatuh pada daerah Kotomabagu dan terendah di daerah Yogyakarta. "Inflasi tertinggi pada Kotamabagu yang sebesar 1,31%. Inflasi terendah di Yogyakarta 0,01%," katanya.

Baca Juga: Mengenal Tokoh Partai Ummat: Dari Ahli IT, Aktivis, hingga Eks Menteri

Sedangkan deflasi tertinggi tercatat terjadi di Jayapura sebesar -1,26%. Sementara deflasi terendah pada Tanjung Pandan yang -0,02%.

"Kita lihat perkembangan inflasi bulan ke bulan dimana April inflasi 0,13% ini meningkat dibandingkan April tahun lalu yang sebesar 0,08%," tandasnya.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top