Ada Kementerian Investasi, Hipmi Harap Iklim Usaha Makin Baik

loading...
Ada Kementerian Investasi, Hipmi Harap Iklim Usaha Makin Baik
Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan kementerian baru, yakni Kementerian Investasi dan Penciptaan Lapangan Kerja yang merupakan perubahan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Anggawira menyambut baik langkah yang dilakukan pemerintah. Diharapkan kementerian baru ini dapat memberikan suatu iklim investasi yang lebih baik.

"Dengan adanya iklim investasi yang baik tentunya akan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, pemerataan, dan output terakhir adalah kesejahteraan. Itu poin-poin yang kami lihat dalam kaitannya pembentukannya Kementerian Investasi ini," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Tindaklanjut Kunker ke Aceh, Sandiaga Gercep Jaring Investasi USD 1 Miliar dari UEA



Menurut dia, peran dari Kementerian Investasi ini semakin memperluas fungsi dari BKPM yang selama ini sudah berjalan. Selama ini BKPM hanya mengeksekusi regulasi namun tidak memiliki kewenangan untuk menyusun. Namun dengan status menjadi kementerian maka bisa mengintegrasikan urusan investasi secara komprehensif.

"Tentunya karena ini bentuknya sudah kementerian, artinya sudah bisa mengeluarkan suatu regulasi secara khusus dan bisa melakukan evaluasi-evaluasi terkait proses perizinan atau proses bisnis yang ada yang dikeluarkan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, provinsi, kabupaten, kota," jelasnya.

Baca juga: Lihat PNS Nekat Mudik, Laporkan ke Sini!

Dia berharap Kementerian Investasi bisa membawa iklim usaha yang kondusif, yang bisa menopang untuk memperoleh proses perizinan dan pendampingan. "Artinya kami dengan pemerintah menjadi mitra. Bukan seperti kita diawasi," tuturnya.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top