Waspada! Akibat Suku Bunga Global Naik, Utang RI Meningkat Rp1.000 Triliun

Selasa, 04 Mei 2021 - 16:00 WIB
loading...
Waspada! Akibat Suku Bunga Global Naik, Utang RI Meningkat Rp1.000 Triliun
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan mencatat utang neto Indonesia bertambah lebih dari Rp1.000 triliun. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan utang ini untuk pendapatan dan belanja negara (APBN) terus dipacu untuk bekerja keras dalam rangka menekan dampak dari Covid-19.

"Dan ini meningkatkan utang neto Indonesia sebesar Rp1.226,8 triliun,” ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (4/5/2021).



Menurut dia kenaikan utang perlu diwaspadai lantaran saat ini terjadi kenaikan suku bunga global. "Terutama dengan tren kenaikan suku bunga global yang akan timbulkan dampak pada seluruh dunia," katanya.

Dia menuturkan pemerintah akan berupaya mengambil kebijakan pembiayaan yang inovatif melalui pendalaman pasar guna mengurangi risiko kenaikan pembiayaan utang. Pasalnya, tahun ini APBN masih akan bekerja keras untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi, sehingga APBN diprediksi masih mengalami defisit sebesar 5,7% dari PDB.



"Ini lah yang harus menjadi tantangan ke depan 2022 dimana kita perlu untuk mengakselerasi pemerintah ekonomi dan sekaligus memulihkan kembali Kesehatan APBN yang sudah bekerja sangat keras dalam 2 tahun berturut-turut menghadapi pandemi ini," tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)