XL Axiata Jual Aset Infrastruktur Telekomunikasi, Nilainya Rp5,9 Miliar

loading...
XL Axiata Jual Aset Infrastruktur Telekomunikasi, Nilainya Rp5,9 Miliar
Ilustrasi foto/Dok SINDOphoto
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (EXCL) telah menyelesaikan transaksi jual beli tujuh aset infrastruktur. Adapun transaksi tersebut dilakukan Perseroan dengan PT DHOST Telekomunikasi Nusantara.

Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), disebutkan bahwa transaksi dilakukan pada 30 April 2021, di mana Perseroan telah menyelesaikan transaksi jual beli termasuk pengalihan atas aset infrastruktur telekomunikasi sejumlah tujuh site.

Baca juga: Data BEI Mengungkap: Perusahaan Cilik 'Lebih Pede' Dibanding BUMN dan Unicorn

"Adapun nilai jual beli yang telah selesai dilaksanakan atas transaksi ini adalah sebesar Rp5,90 miliar," ujar Corporate Secretary XL Axiata, Ranty Astari Rachman dalam keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021).

Kemudian dijelaskan, status kepemilikan atas aset infrastruktur telekomunikasi yang telah dilaksanakan peralihannya tidak dicatatkan sebagai aset Perseroan.



Sebelumnya, XL Axiata telah melakukan penjualan kepada dua emiten yakni PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dan PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT). Penjualan tersebut membukukan hasil Rp4,05 triliun setelah mendivestasikan 2.782 menara pada tahun lalu.

Baca juga: SIKM Dikeluarkan, Wagub DKI: Pengguna Wajib Lampirkan Hasil Negatif Covid-19

Meskipun telah dijual, ketiga pihak melakukan perjanjian dimana pemenang tender akan menjadikan XL Axiata sebagai penyewa utama di menara-menara tersebut dengan jangka waktu penyewaan akan berlangsung selama 10 tahun ke depan.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top