Melecut Kompetensi Talenta Muda Hadapi Era Digital

loading...
Melecut Kompetensi Talenta Muda Hadapi Era Digital
Pada akhirnya transformasi Innovation Room menjadi Talent Hub adalah sebuah keniscayaan. Dengan penguasaan teknologi yang didominasi oleh anak muda mendorong Kemnaker untuk memfasilitasi anak muda dalam berkreasi. Foto/Dok
JAKARTA - Menghadapi era digital di dunia kerja sekarang ini bukan hanya hard skill yang dibutuhkan, tetapi juga soft skill. Terutama kemampuan yang memberikan solusi atas berbagai macam permasalahan dengan menggunakan teknologi. Adapun sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan oleh industri saat ini adalah yang memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi digital.

"Dirjen Binapenta dan PKK Suhartono mengatakan pengembangan talenta muda melalui Knnovation Room-Talent Hub diharapkan dapat memberikan multiplier effect khususnya terhadap penyerapan tenaga kerja menyongsong era digital," ujar Suhartono di Jakarta.

Baca Juga: Dukung Pengembangan SDM di Sultra, Politeknik Industri PT VDNI Siap Beroperasi

Pada akhirnya transformasi Innovation Room menjadi Talent Hub adalah sebuah keniscayaan. Dengan penguasaan teknologi yang didominasi oleh anak muda mendorong Kemnaker untuk memfasilitasi anak muda dalam berkreasi dan berharap fasilitasi itu dapat menurunkan jumlah penganggur muda dan menciptakan lapangan kerja baru bagi generasi milenial.



Kompetensi ini untuk mewujudkan pabrik cerdas (smart factories), seperti salah satunya internet of Things (IoT). Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong kompetensi talenta muda melalui berbagai inovasi pengembangan.

Baca Juga: Pentingnya Pengembangan SDM dalam Bangkitkan Gairah Pariwisata

Memetakan talenta muda nasional, membentuk tim kerja nasional inovasi talenta muda, mengorganisasikan talenta muda di sektor-sektor strategis, menyelenggarakan course dan training untuk merespon future jobs, menyelenggarakan training untuk peningkatan kompetensi di bidang industri kreatif, dan memasifikasikan course untuk IT.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top