Wamendag Harapkan Dukungan Masyarakat untuk Bangkitkan Ekonomi

loading...
Wamendag Harapkan Dukungan Masyarakat untuk Bangkitkan Ekonomi
Dengan tidak melakukan mudik saat Lebaran maka bisa membantu untuk membangkitkan ekonomi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Wamendag Jerry Sambuaga menyampaikan harapan dukungan semua pihak, khususnya ASN dan pelaku usaha, dalam upaya pemulihan kesehatan dan ekonomi nasional. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan tidak mudik Lebaran .

Jerry mengapresiasi kepatuhan untuk tidak mudik, khususnya ASN dan pelaku usaha. Menurutnya, Lebaran adalah momentum yang sangat baik untuk mengakrabkan tali silaturahmi. Namun dengan adanya pandemi, masyarakat harus tetap mengutamakan keselamatan bersama, khususnya keluarga.

Baca juga:Yuks, Pantengin Terus Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK

“Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kita berdoa pandemi ini segera berakhir agar kita bisa kembali pada kehidupan yang normal kembali,” kata Jerry di Jakarta, dikutip Jumat, (14/5/2021).



Wamendag menekankan bahwa pemerintah tengah berfokus untuk membangkitkan sektor kesehatan dan ekonomi nasional dengan melakukan pembatasan kegiatan sosial dan vaksinasi. Masyarakat diminta bersabar dan mendukung program itu agar Covid dan dampaknya bisa dimitigasi dengan baik.

“Pada kuartal pertama tahun ini ekonomi sudah mulai menunjukkan pemulihan. Trennya sudah bagus. Pemerintah berharap pada semester kedua tahun ini kita sudah bisa tumbuh. Karena itu kita harus mematuhi pembatasan yang ada dan mendukung program vaksinasi,” tambah Jerry.

Dalam sektor perdagangan sendiri, Jerry optimistis pemulihannya bisa berlangsung lebih cepat, khususnya dalam sektor perdagangan rakyat dan perdagangan luar negeri. Meski demikian, semua pihak harus menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

“Seperti arahan Pak Presiden, kuncinya ada pada disiplin dalam menjaga protokol kesehatan,” tegas Wamendag.

Sebagai implementasi dari visi Presiden, menurut Jerry, Kemendag melakukan berbagai upaya fasilitasi untuk mengadaptasi pola-pola interaksi perdagangan dalam era pandemi. Itu misalnya dilakukan dengan digitalisasi, mendorong perdagangan online, dan juga melalui diplomasi perdagangan secara virtual.

Selain itu, Kemendag juga terus mengawal perdagangan agar perdagangan barang pokok, penting dan strategis dalam upaya mengatasi Covid bisa terlaksana dengan baik.



Baca juga:Iwan Fals Nilai Kaesang Cocok Jadi Menpora, Warganet: Cek Rekening Om

Dalam kaitan dengan itu, kemendag juga terus mengawal agar pasokan kebutuhan masyarakat selama Lebaran bisa terpenuhi dengan baik dengan harga yang masih bisa dijangkau masyarakat. Ada beberapa sektor yang kebutuhannya meningkat tajam pada masa Lebaran, antara lain produk makanan, minuman, pakaian dan alas kaki. Selain itu produk-produk untuk kesehatan seperti masker dan sanitizer juga terus diupayakan agar selalu tersedia.

“Intinya kita turut menyambut Lebaran dengan penuh kebahagiaan dengan memberikan dukungan penuh pada sektor perdagangan,” tandasnya.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top