Mantap! 10 Daerah Ini Catat Pertumbuhan Ekonomi yang Positif

loading...
Mantap! 10 Daerah Ini Catat Pertumbuhan Ekonomi yang Positif
Sepuluh daerah telah mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif di kuartal I/2021. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Di tengah pertumbuhan ekonomi nasional yang minus 0,74% di kuartal pertama tahun ini, Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa sejumlah daerah mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif. Pemerintah mencatat, total sebanyak 10 daerah yang pertumbuhan ekonominya telah positif.

Baca Juga: Resmi, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal I 2021 Minus 0,74%

"Dan 10 daerah yang sudah tumbuh positif adalah Riau 0,41%, Papua 14,28%. Sulawesi Tengah 6,26%, Yogyakarta 6,14%, Sulawesi Utara 1,87%, Sulawesi Tenggara 0,06%, NTT 0,12%, Papua Barat 1,47%, dan Babel 0,97%, Maluku Utara 13,45%," ungkapnya dalam konferensi persnya, Senin (17/5/2021).

Di dalam catatan pemerintah, sambung dia, terlihat beberapa daerah mampu menyumbangkan pertumbuhan terbesar. "Antara lain tentunya 10 provinsi besar yang menyumbang sekitar 77,71%," kata Airlangga.



Airlangga juga mengungkapkan bahwa adanya pelarangan mudik mendorong belanja di wilayah aglomerasi. Selain itu juga pertumbuhan di beberapa sektor sudah terlihat positif.

Baca Juga: Warga Maros Temukan Ular Piton Sepanjang 7 Meter dengan Perut Buncit

"Nah kemudian tentunya pelarangan mudik melalui PPKM juga telah mendorong adanya belanja di wilayah aglomerasi. Kemudian kalau dilihat dari pertumbuhan secara parsial kita lihat bahwa sektor-sektor pertanian, pengadaan listrik, air, informasi komunikasi, keuangan, dan kesehatan sudah positif," pungkasnya.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top