Buka Peluang Usaha, Sandiaga Kolaborasi dengan Bahlil Bentuk Tim Pencari Investor

Senin, 17 Mei 2021 - 20:19 WIB
loading...
Buka Peluang Usaha, Sandiaga Kolaborasi dengan Bahlil Bentuk Tim Pencari Investor
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menparekraf Sandiaga Uno. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kebut pemulihan ekonomi , khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) , Kemenparekraf Republik Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Investasi mencari investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Lewat investasi tersebut, diharapkan dapat membuka peluang usaha yang berujung kepada penciptaan lapangan kerja sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga:Dalam Jangka Pendek, IHSG Terancam Mondar-Mandir di Bawah Level 6.000

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno usai berdiskusi dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia di kantor Kementerian Investasi Jalan Gatot Subroto, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin (17/5/2021).

Jalinan kerja sama tersebut diharapkan Sandiaga Uno dapat secara langsung meningkat kontribusi sektor parekraf, yakni sebesar 5-7,5% dari total angka investasi nasional. Langkah tersebut pun dinilainya dapat mendorong pelaku sektor parekraf untuk bisa naik kelas lewat pemanfaatan digitalisasi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Tadi Pak Menteri menyampaikan pembentukan-pembentukan satgas yang baru ditandatangani Bapak Presiden tanggal 4 Mei 2021, ini ada keharusan untuk melibatkan pengusaha UMKM di proyek-proyek investasi, termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif, dan ini akan kami kawal," ungkap Sandiaga Uno pada Senin (17/5/2021).

"Agar ekonomi kita ke depan lebih berkeadilan," tambahnya bersemangat.

Selain itu, lanjutnya, Sandi ingin memastikan seluruh program penciptaan peluang kerja, peluang investasi maupun juga program ekonomi di daerah segera terealisasi.

"Dapat tepat sasaran, tepat manfaat dan bisa menyentuh masyarakat kita yang betul-betul membutuhkan," jelasnya.

Hal senada disampaikan Bahlil Lahadalia. Dirinya menyambut baik pertemuan pada hari pertama kerja setelah libur Lebaran.

Bahlil pun mengungkapkan pertemuan dengan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sangat penting dilakukan dalam rangka memulihkan industri pariwisata dan target investasi pariwisata.

"Karena Pak Menteri Pariwisata ini fokus betul untuk memikirkan 30 juta pekerja dari sektor pariwisata. Dan tadi kita sudah bersepakat yang menyangkut perizinan, menyangkut konsep, menyangkut insentif, kita akan membuat tim kecil," ungkap Bahlil.

Bahlil pun menegaskan pentingnya kolaborasi antar-kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah dalam memulihkan ekonomi imbas pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dirinya mengingatkan kepada seluruh pihak untuk menghilangkan sekat guna mencapai tujuan.

"Memang negara kita ini besar, enggak bisa kita kerja sendiri-sendiri, harus kolaborasi, ego sektoral harus sudah dihilangkan, jadi jangan ada lagi sekat-sekat. Satu masalah kalau kita bisa kerja bareng-bareng, Insya Allah bisa terselesaikan cepat," ungkap Bahlil.

"Tujuannya cuma satu, penciptaan lapangan pekerjaan, terciptanya kesejahteraan," tegasnya.

Pernyataan Bahlil membangkitkan semangat Sandiaga Uno. Dirinya menilai pentingnya investasi untuk membuka peluang usaha.

Baca juga:Membangun Taman Surga di Rumah

Merujuk hal tersebut, Sandiaga Uno bakal membentuk tim bersama yang bertugas untuk menyebarkan semangat ke sejumlah negara. Tim bersama itu diharapkan dapat mengundang para investor untuk dapat segera menanamkan modalnya di Indonesia.

"Kita nanti akan bentuk tim bersama untuk road show di beberapa destinasi negara yang punya peluang untuk berinvestasi di Indonesia. Ini kita akan kolaborasikan, kita akan gerak bersama," tutup Sandi bersemangat.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)