Pentingnya Literasi Digital Bagi UMKM Agar Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Rabu, 26 Mei 2021 - 06:31 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Direktur Utama Sirclo, Brian Marshal juga senada. Menurut dia, inovasi dari para pelaku UMKM dapat melahirkan konten yang menarik. Ia mengatakan, perkembangan suatu brand saat ini salah satunya karena ditopang oleh konten yang dapat menarik para konsumen.

“Saya lihat (UMKM) banyak belum ke arah sana. Barang difoto pakai handphone ala kadarnya, packing ala kadarnya, pasti akan kalah jauh dengan konten yang Instagram frendly. Brandingnya di ranah digital yang masih jadi kendala,” kata dia.

Lalu, sambung dia, literasi digital juga tidak bisa dipandang hanya sekedar alat semata. Kendati demikian, juga harus dipandang sebagai upaya untuk meningkatkan kesiapan produk dan mengenal budaya baru.

Pada kesempatan yang sama, FounderKuloGrup, MichelleCaroline Sulistyo mengatakan,memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan akan sangat bermanfaat.



Ia menjelaskan, saat ini para pelaku usaha perlu memanfaatkan media sosial terutama Instagram, Facebook, Tiktok ataupun Youtube, untuk memberikan informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

“Misal ini produknya tentang apa, apa saja yang ada di brand kalian. Jadi informasi yang disampaikan ke customer sangat penting. Misal minuman terdiri dari apa saja, kopi diambil dari mana, jenisnya apa, informasi edukasi produk kita sangat membantu,” ujar dia.

Kemudian, sambungnya, menggunakan teknologi digital juga dapat meningkatkan kolaborasi dengan berbagai key opinion leader, influencer dan media online, untuk mendapatkan lebih banyak eksposur.

“Kemudian soal konten, buat postingan menarik, foto menarik, kata-kata caption ajakan yang menarik, buat orang jadi penasaran, pingin coba, pingin lihat. Dibandingkan cuma biasa saja. Konsepnya terlebih dulu,” ucap dia.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2801 seconds (0.1#10.140)