Menteri Bintang Apresiasi Perusahaan yang 'Ramah' Perempuan

Jum'at, 28 Mei 2021 - 20:32 WIB
loading...
Menteri Bintang Apresiasi Perusahaan yang Ramah Perempuan
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus menggaungkan pentingnya kesetaraan gender, termasuk di dunia bisnis. Melalui G20 Empower, sejumlah perusahaan menunjukkan komitmen dalam pemberdayaan perempuan .

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga pun mengapresiasi perusahaan di Indonesia yang telah berkomitmen dan memiliki praktik baik dalam memberikan penguatan kapasitas, membuat kebijakan, mengatasi isu ketenagakerjaan perempuan, dan memasilitasi keterwakilan perempuan sebagai pimpinan di perusahaan.

“Komitmen para pimpinan perusahaan untuk memberikan tempat yang setara bagi perempuan menjadi hal yang penting untuk diperjuangkan. Hal ini tentunya harus kita wujudkan bersama-sama, tidak hanya lintas sektor dalam negeri, tetapi juga secara internasional," ujar Menteri PPPA, Bintang Puspayoga di depan perwakilan 27 perusahaan anggota G20 Empower Indonesia dari berbagai sektor, Jumat (28/5/2021).



Dia menilai, G20 Empower menjadi wadah strategis untuk dapat menyatukan kekuatan internasional demi memajukan perempuan dunia, khususnya dalam ekonomi, kepemimpinan, dan sektor publik.

"Saya juga mengapresiasi komitmen para pimpinan perusahaan yang tergabung dalam G20 Empower Indonesia terkait isu-isu tenaga kerja perempuan, terutama pada komitmen dan sinergi untuk mewujudkan lima program prioritas Kementerian PPPA,” ucapnya.

Selain berkontribusi pada isu ketenagakerjaan perempuan, kata dia, perusahaan tersebut juga melakukan sinergi untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dikelola kaum perempuan.

“Banyak hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan perempuan berdaya. Mudah-mudahan praktik baik yang sudah dilakukan perusahaan yang sudah ramah perempuan bisa dilaksanakan di perusahaan lainnya," tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Chief Financial Officer Telkomtelstra, Ernest Hutagalung menceritakan upaya yang telah dilakukan perusahaannya untuk mendorong keterwakilan perempuan pada pimpinan perusahaan.

Selain membuat kebijakan yang mendorong keterwakilan perempuan di jajaran pimpinan, ungkap dia, perusahaan juga harus ikut mencari solusi agar tetap bisa duduk di posisi pimpinan dengan peran ganda di keluarga yang ia miliki. Salah satunya adalah dengan menerapkan kebijakan Work from Home (WFH) yang telah dijalankan sejak 2017.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)