Dana Asing Mulai Deras, IHSG Diproyeksi Menguat di Juni

Senin, 31 Mei 2021 - 22:54 WIB
loading...
Dana Asing Mulai Deras, IHSG Diproyeksi Menguat di Juni
Ilustrasi foto/Dok SINDOphoto/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada penutupan perdagangan sesi terakhir hari ini. Indeks ditutup naik 1,69 persen ke level 5.947.

Business Development Director Universal Broker Indonesia Sekuritas, Jimmy Dimas Wahyu mengatakan, IHSG mulai dibanjiri arus dana asing. Sehingga, pergerakan IHSG mengalami penguatan.

“Saya melihat hari ini nampaknya IHSG mulai dibanjiri oleh adanya pembelian net buy dari investor asing atau foreign. Sehingga, menyebabkan IHSG kita mengalami kenaikan,” katanya dalam acara 2ND Session Closing Market IDX Channel, Senin (31/5/2021).



Jimmy menjelaskan, net buy asing mayoritas ada di sektor keuangan atau perbankan. Sehingga, wajar bila hari ini IHSG mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Di mana kalau kita ketahui bersama, sektor keuangan ini merupakan pendorong utama dari IHSG. Sehingga, tidak kaget kalau misalnya IHSG bisa naik cukup signifikan sekali,” jelas dia.

Walau hari ini penguatan cenderung lebih ke saham-saham perbankan BUMN, kata dia, tetapi tidak menutup kemungkinan saham perbankan lainnya juga akan menguat.

“Tampaknya hari ini cenderung lebih kepada saham-saham perbankan BUMN. Namun, saya yakin kali ini akan memicu juga pergerakan dari sektor keuangan yang lainnya, seperti BBCA. Saya melihat BBCA juga relatif cukup stabil, namun dengan tren kecenderungan yang menguat,” ujar Jimmy.



Sementara itu, dia menuturkan, jika dilihat dari penutupan hari ini terlihat IHSG membawa angin segar bagi pergerakannya di bulan Juni. Serta, penguatan yang terjadi juga ditopang dari sektor keuangan atau perbankan.

“Saya memiliki optimisme di bulan Juni IHSG nampaknya akan tetap melanjutkan penguatan. Karena saya melihat, dari sisi sektor perbankan sendiri nampaknya sudah lepas dari fase downtrend-nya,” pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)